PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI PAUD NASYA
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI PAUD NASYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini dengan metode membaca cerita bergambar di PAUD Nasya pada kelompok B. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian ini merinci sejumlah variable yang terkait dengan masalah yang diteliti untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang setting sosial dan untuk menjelaskan fenomena atau kenyataan sosial. Selanjutnya, peneliti menyajikan informasi yang relevan tentang kualitas diskriptif yang unik dan alamiah. Kualitas diskriptif ini benar-benar diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan pada kelompok B, di PAUD Nasya. Sumber data yang diambil oleh peneliti termasuk kegiatan bermain anak saat guru bercerita dengan media buku cerita bergambar. Respon anak-anak ketika ibu guru bercerita juga dicatat sebagai informan utama. Selain itu, anak-anak dan guru memberikan penjelasan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengamatan tentang penggunaan media cerita bergambar menunjukkan bahwa kemampuan kreatif anak usia dini benar-benar meningkat. Kreatifitas tersebut tumbuh menjadi imajinasi anak dalam menggambar.
Copyright (c) 2023 Kamariah Kamariah, Syamsia Syamsia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.