PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MENGGUNAKAN MEDIA ALAT DARI BOLA TENIS LAPANGAN PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 TAPIN SELATAN
Abstract
Pembelajaran Penjasorkes SMP disesuaikan dengan perkembangan siswa salah satunya adalah
pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media alat dari bola tenis lapangan. Permasalahan yang
sering muncul pada kurangnya sarana olahraga khususnya tolak peluru. Berdasarkan permasalahan
tersebut maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengembangkan kemampuan guru,
sikap siswa, pengetahuan siswa, dan keterampilan siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada materi
tolak peluru menggunakan media alat dari bola tenis lapangan pada kelas IX A SMP Negeri 1 Tapi
Selatan.Untuk subjek penelitian adalah 20 siswa. Terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8orang perempuan.
Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dilakukan 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua
pertemuan.
Data hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 71,05 (baik) dan pada
pertemuan kedua menjadi 72,95 (baik). Dan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 75,35 (baik)
sedangkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 76,55 (baik). Data rata-rata hasil penilaian
pemahaman siswa (kognitif) siklus I pertemuan 1 rata-rata sebesar 69,20 (cukup)dan pada pertemuan 2
yaitu 70,45 (cukup) siklus II pertemuan pertama 72,85 (baik) dan pertemuan kedua 75,05 (baik). Setelah
dianalisis pembelajaran tolak peluru menggunakan media alat dari bola tenis lapangan ini berhasil
meningkat pada setiap tindakannya. Secara keseluruhan nilai yang diperoleh baik aspek sikap aktivitas
siswa dan pengetahuan mengalami peningkatan.
Kata Kunci: hasil belajar, tolak peluru, media alat bola tenis lapangan.
Copyright (c) 2023 Norsahadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.