TERAMPIL MENULIS ULANG TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB TERTULIS
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam penulisan ulang teks biografi. Tindakan ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah menerapkan penulisan ulang teks biografi sebagai pematik ide dan gagasan. Data observasi peserta didik dianalisis secara kuantatif menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penulisan dapat meningkatkan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin.
Peningkatan hasil penulisan ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil dari 89,18% pada Siklus I menjadi 97.29% di Siklus II. Peningkatan keterampilan menulis ulang teks biografi pada peserta didik dapat terlihat, baik dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis ulang teks biografi oleh peserta didik. Pada tahap evaluasi, hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam proses belajar ulang teks biografi menggunakan metode tanya jawab tertulis.
Kata Kunci: terampil menulis, biografi, metode tanya jawab tertulis.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam penulisan ulang teks biografi. Tindakan ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah menerapkan penulisan ulang teks biografi sebagai pematik ide dan gagasan. Data observasi peserta didik dianalisis secara kuantatif menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penulisan dapat meningkatkan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin.
Peningkatan hasil penulisan ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil dari 89,18% pada Siklus I menjadi 97.29% di Siklus II. Peningkatan keterampilan menulis ulang teks biografi pada peserta didik dapat terlihat, baik dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis ulang teks biografi oleh peserta didik. Pada tahap evaluasi, hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam proses belajar ulang teks biografi menggunakan metode tanya jawab tertulis.
Copyright (c) 2023 Muhamad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.