PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERCOBAAN MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RANTAU
Abstract
Pada pembelajaran menulis laporan percobaan seringkali ditemukan kendala-kendala dalam proses pembelajaran seperti siswa banyak yang tidak tertarik dan tidak termotivasi untuk belajar karena menganggap sulit sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajar. Guru perlu menerapkan metode yang sesuai, salah satunya metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis laporan percobaan dengan metode discovery. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis laporan percobaan melalui metode discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX D yang berjumlah 26 siswa dengan KKM Individual 73 dan ketuntasan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja peserta didik yang dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai ketuntasan sikap pada siklus I yaitu 61% ,dan meningkat pada siklus II yaitu 92%. (2) Nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 73%, meningkat pada siklus II yaitu 96%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode disco keliling kemampuan siswa dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan kemampuan siswa menulis laporan percobaan semakin meningkat
Copyright (c) 2023 Agustinawaty Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.