ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DAN TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA DI SMA N 4 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Keefektifan suatu proses belajar mengajar dilakukan dengan proses kegiatan tergolong komukatif, tepat sasaran dan tercapai tujuan secara maksimal. Dalam keefektifan pembelajaran terkandung indikator pembelajaran (1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, (2) proses komunikatif, (3) respon peserta didik, (4) aktivitas belajar, dan (5) hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis keefektifan pembelajaran pada siswa di SMA N 4 Balikpapan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif eksploratif dan metode induktif. Metode penelitian dilakukan dengan tehnik wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pertama, peningkatan hasil belajar dalam jaringan menngalami peningkatan diperkuat oleh hasil wawancara wali murid dan guru yang menyatakan bahwa belajar dalam jaringan memberi dampak positif pada peserta didik seperti berwawasan dan menguasai teknologi, berfikir kritis, mampu mengatur kecepatan belajar, dan percaya diri, (2) Kedua, penurunan hasil belajar tatap muka terbatas diperkuat oleh hasil wawancara guru yang menyatakan peserta didik yang bergantung dengan banyaknya sumber belajar yang diakses.
Copyright (c) 2023 Indah Ika Ratnawati, Aviva Lorenza Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.