PENGGUNAAN METODE SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN SEMANGAT DALAM 5

  • Alimuddin A. Djawad STKIP PGRI Banjarmasin
  • Isna Kasmilawati
  • Muhammad Ridho Ginting
Keywords: metode suku kata,, kemampuan membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan di SDN Semangat Dalam 5 bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 melalui metode suku kata. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas 1 dengan jumlah 20 siswa yang berlokasi di SDN Semangat Dalam 5. Model yang digunakan adalah model Kurt Lewin (1946). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan. Empat tahap utama yang ada pada setiap siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siklus I mencapai 35% kategori “mulai berkembang”, 55% kategori “berkembang sesuai harapan”, dan 10% kategori “berkembang sangat baik”. Kemudian pada siklus II 85% kategori “berkembang sangat baik”, 15% kategori “berkembang sesuai harapan”.

Published
2023-02-16
Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 1242 times