KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA PADA PENERAPAN NILAI KEAGAMAAN DALAM NOVEL ADA SURGA DI RUMAHMU KARYA OKA AURORA

  • Hidayati Desy Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin
Keywords: sosioligi, nilai, keagamaan.

Abstract

Sastra merupakan hasil cipta atau karya manusia yang dapat dituangkan melalui ekspresi yang berupa tulisan yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Namun, pada karya sastra jua memiliki nilai kehidipan pada kisahnya seperti pada nilai keagamaan pada novel, seperti pada Novel yang terinspirasi kisah Ustadz Ahmad Al-Habsyi penulisnya ini menceritakan tentang potret kehidupan dalam kehidupan di rumah yang penuh kekeluargaan, yang membuat ketakwaan dan keimanan dalam keagamaan bagaikan surga, Ramadhan adalah tokoh utama dari novel  Ada Surga di Rumahmu yang akan meneruskan dakwah sesuai wasiat terakhir Buya Athar ulama besar di Palembang, sehingga bago Ramadhan, Umi dan Abuya serta keenam saudaranya adalah surga hati yang penting dari cinta dan kariernya dengan tujuan untuk Mendeskripsikan Keagamaan Tokoh  dalam novel Ada Surga di Rumahmu Karya Oka Aurora.

                                Pendekatan yang digunakan dalam penelitian berjudul Kajian Psikologi Sastradalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy.inimenggunakan pendekatanKonflik Religi.Pendekatan psikologis adalah pendekatan yang bertolak dari asumsi bahwa karya sastra selalu saja membahas tentang peristiwa kehidupan manusia. Ratna (2006:61) pendekatan psikologi pada dasarnya berhubungan dengan tiga gejala utama, yaitu: pengarang, karya sastra, dan pembaca, dengan pertimbangan bahwa pendekatan psikologi lebih banyak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yang dilakukan dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis.

                                Hasil pembahasan pada kajian sosiologi sastra pada penerapan nilai keagamaan dalam novel ada surga di rumahmu karya oka aurora seperti ikhlas, tawakal, sabar, syukur, doa dan zikir. Dengan demikian, pada hasil yang didapatkan pada cerita novel tersebut, menjadi gambaran pada kehidupan bahwa apapun yang dijalani dan semua didasarkan pada prinsip agama, karena agama mengajarkan dan membimbing pada jalan kehidupan baik dari konflik ataupun rasa syukur.

Published
2023-02-16
Abstract viewed = 77 times
PDF downloaded = 221 times