MODEL CONCENTRATED LANGUAGE ENCOUNTER (CLE) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN SATUI BARAT
Abstract
ABSTRAK
Model Pembelajaran Concentrated Language Encounter adalah model belajar yang membenamkan siswa dalam kegiatan berbahasa yang terkait dengan kegiatan baru dalam kegiatan kelompok, mulai dari yang sederhana sampai pada kegiatan yang sulit.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; Proses pembelajaran membaca dengan menerapkan model CLE dilaksanakan dengan tepat sesuai dengan prinsip model CLE, salah satunya yaitu pembelajaran yang berjenjang (scaffolding).
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami perbaikan sehingga pada siklus II pertemuan 2 skor 27 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sehingga pada siklus II Pertemuan 2 menjadi 94,74%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan secara klasikal pada siklus II pertemuan 2 menjadi 94,74%. Hasil Berdasarkan penelitian dapat disederhanakan bahwa menggunaka model pembelajaran cle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar penggunaan model pembelajaraan cle dapat dijadikan alternatif pembelajaran pada materi Indahnya kebersamaan.
Kata Kunci: Model Concentrated Language Perjumpaan,Keterampilan Membaca.
Copyright (c) 2022 Isna Kasmilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.