KARAKTER ANAK MELALUI PENGUATAN AGAMA DIMASA PANDEMI DI LOKTABAT UTARA BANJARBARU

  • Dana Aswadi
  • Erni Susilawati

Abstract

Karakter Anak Melalui Penguatan Agama Dimasa Pandemi di Loktabat Utara Banjarbaru. Sistem pendidikan di sekolah menjadi pendidikan yang dilaksanakan seluruhnya dari rumah. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada sistem pendidikan konvensional, dimana siswa bisa berinteraksi langsung dengan guru pengajar, teman, dan lingkungan sekolah. Dikelurahan Loktabat Utara Banjarbaru dimana masyarakatnya yang sangat heterogen juga melaksanakan pembelajaran jarak jauh, baik sekolah negri maupun sekolah swasta yang berstatus Islam Terpadu. Kondisi masyarakat yang belum siap dengan pembelajaran ini tentu terdapat dua respon orang tua yang sangat menarik.

Orang tua pada masa pandemi membangun sikap anak-anak mereka dengan nilai-nilai agama dalam keluarga. Seperti menegakan sholat berjamaah 5 waktu. Sering membuka dan membaca alquran dalam keluarga dan lain sebagainya. Maka disinilah kesempatan bagi orang tua untuk secara intens menanamkan nilai-nilai ajaran agama untuk membentuk kepribadian anak yang sedang tumbuh kembang.

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan field research, yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, seperti di lingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan dan lembaga pemerintahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk menerangkan fenomena sosial atau suatu peristiwa. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan para orang tua di Loktabat Utara Banjarbaru Utara khususnya di RT 19 Banjarbaru dengan cara interview/wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai membangun karakter anak melalui penguatan agama pada anak dimasa pandemi, maka dihasilkan bahwa membangun karakter melalui penguatan agama pada anak dimasa pandemi adalah dengan penerapan disiplin melalui penerapan sholat berjamaah, tanggung jawab melalui tugas-tugas yang diberikan, peduli sosial melalui penerapan sedekah, mencintai lingkungan melalui kegiatan sehari-hari dengan berkebun, merawat binatang.

Published
2021-12-27
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 63 times