KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL INTROVET KARYA HAZIM

  • Lia Safitri Universitas Jenderal Soedirman
  • Erni Susilawati
  • AKhmad HB

Abstract

Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Introvet Karya Hazim. Konflik yang dihadirkan oleh seorang pengarang tidak luput dari kenyataan bahwa keberadaanya merupakan bagian dari kehidupan manusia.Sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan, seringkali timbul adanya konflik.Timbulnya suatu konflik dapat dipicu oleh beragam motif.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel berjudul Introvert karya M. F. Hazim. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian tokoh utama M. F. Hazim pada novel sebagai berikut: (1) bentuk masalah kepribadian tokoh dalam novel introvert karya M. F. Hazim adalah (a) marah, (b) tertekan, (c) sedih, dan (d) stres. (2) Faktor penyebab terjadinya masalah kepribadian pada tokoh dalam novel introvert karya M. F. Hazim adalah (a) karakter atau kepribadian, (b) didikan, dan (c) lingkungan. (3) Penyelesaian masalah kepribadian yang dialami tokoh dalam novel introvert karya M. F. Hazim adalah dengan cara (a) konsiliasi dan (b) kompromi.

Published
2021-07-09
Abstract viewed = 34 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 54 times