KESANTUNAN PADA KOLOM KOMENTAR WARGANET DI INSTAGRAM

  • Irni Cahyani STKIP PGRI Banjarmasin
  • I Wayan Andi Wijaya
Keywords: kesantunan berbahasa, komentar warganet, instagram

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kesantunan pada Kolom Komentar di Instagram.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan Wujud Kesantunan Berbahasa, (2) Mengungkapkan Pelanggaran Kesantunan Berbahasa, dan (3) Mengidentifikasi Strategi Kesantunan Berbahasa pada Kolom Komentar Warganet di Instagram.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menganalisis Kesantunan pada Kolom Komentar Warganet di Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian  ini adalah isi dari komentar warganet di akun instagram rahmawatikekeyiputricantikka23, yang  mengunggah konten foto atau video pada bulan April, Mei, dan Juni 2020 yang berisi caption, dan komentar para warganet instagram sebagai pengikut (followers) terhadap konten yang diunggah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah teori kesantunan berbahasa dan dokumentasi data, serta menggunakan teknik SBC (Simak Bebas Cakap) yaitu teknik yang tidak melibatkan peneliti dalam tuturan, dengan  kata  lain peneliti tidak ikut serta dalam pembicaraan orang lain yang sedang berkomunikasi.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bentuk kesantunan bahasa terbagi menjadi enam maksim ,terdapat 20 tuturan. (2) Pelanggaran kesantunan terbagi menjadi enam,terdapat 10 tuturan. (3) Strategi kesantunan terbagi menjadi empat tindak tutur, terdapat 6 tuturan.

Published
2021-05-30
Abstract viewed = 101 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 92 times