Penggunaan Metode Image Streaming untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTsN 3 Banjarmasin

  • Ngatiyem
Keywords: metode image streaming, menulis deskripsi

Abstract

Permasalahan yang dihadapi MTsN 3 Banjarmasin dalam proses belajar mengajar adalah kurangnya minat dan semangat belajar siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran menulis paragraf. Sehingga diterapkan metode image streaming pada siswa kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin dengan jumlah siswa yaitu 34 orang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa Kelas VII MTsN 3 Banjarmasin; (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran; (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode image streaming.Penelitian ini digunakan untuk mengetahui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap aktivitas menulis dengan penggunaan metode image streaming melalui pengisian angket pada akhir pembelajaran. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif berdasarkan perhitungan persentase indikator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa, (1) penggunaan metode image streaming dapat meningkatkan kemampuan menuis deskripsi siswa Kelas VII MTsN 3 Banjarmasin. Hal ini terbukti dari rata-rata 69,70 yang meningkat menjadi 76,76, sedangkan hasil penilaian klasikal diketahui bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis deskripsi berhasil pada siklus II mencapai 82,35%. (2) aktivitas guru dengan nilai rata-rata siklus I mencapai 56,6% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 76,6% dengan kategori baik. Aktivitas siswa juga meningkat, nilai rata-rata siklus I mencapai 58,75 dan siklus II mengalami meningkatan menjadi 82,5. (3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan metode image streaming mendapat respon positif dan sangat baik sekali. Siswa senang dan termotivasi saat mengikuti pembelajaran menulis deskripsi dengan penggunaan metode image streaming.

Published
2020-10-28
Abstract viewed = 61 times
PDF downloaded = 262 times