PEMBUATAN POHON LITERASI DALAM PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DI MAN 3 BANJAR SEBAGAI GERAKAN LITERASI SEKOLAH
Abstract
Pohon literasi adalah salah satu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk membuat suatu karya yang bermanfaat. Pembuatan pohon literasi membuat siswa kreatif dan produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang pembuatan pohon literasi mampu mewujudkan pembelajaran kreatif produktif sebagai salah satu gerakan literasi sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan menciptakan lingkungan sekolah menjadi lingkungan pembelajar sepanjang hayat agar program membaca bebas dapat berjalan dengan baik, sekolah perlu memastikan bahwa warga sekolah memiliki persepsi dan pemahaman yang sama tentang prinsipprinsip kegiatan membaca bebas dan bagaimana cara pelaksanaan dan pengelolaan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan pohon literasi di MAN 3 Banjar mampu melibatkan siswa secara aktif untuk membuat suatu karya yang bermanfaat. Kegiatan ini membuat siswa kreatif dan produktif. Siswa tidak hanya mampu memahami pohon literasi secara teori, tetapi mereka juga mampu mempraktikannya menjadi sebuah karya nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi memiliki peranan yang signifikan dalam pembelajaran kreatif produktif.