IMPLEMENTASI KONSEP LITERASI MODERN DAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA DI SEKOLAH
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia yang berwawasan literasi baru dengan penguatan literasi lama akan berhasil dengan baik apabila guru berwawasan literasi baru. Keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam proses pembelajaran bahasa harus didesain menjadi proses pembelajaran kekinian, kontekstual, tidak sekadar menekankan pada penguatan kompetensi literasi lama, namun harus berwawasan pada penguatan literasi baru yang menyatu dalam penguatan empat keterampilan berbahasa. Di Abad 21 diperlukan orientasi baru kurikulum dengan menambahkan lima kompetensi dalam memasuki era industri 4.0, yaitu peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas, dan memiliki kemampuan yang inovatif, kemampuan dan keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, dan berkolaborasi serta memiliki kepercayaan diri. Sedangkan untuk guru juga ada lima kualifikasi dan kompetensi guru yang dibutuhkan di Abad 21 yaitu educational competence, competence for technological commercialization, competence in globalization. competence in future strategies, dan conselor competence