IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN VIDEO VLOG (VLOGGER) DI SDN ULU BENTENG 2 MARABAHAN

  • Herawati
  • Lagiono
  • Muhammad Saufi

Abstract

Mengingat teknologi yang sudah maju dengan sangat pesat pada saat ini, bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi penduduk yang ada di Indonesia termasuk di kalangan peserta didik yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui pembelajaran video vlog apakah sudah mengimplementasikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik maka dilakukan penelitian  pada perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran video vlog (vlogger), untuk mengetahui respon peserta didik serta untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran video vlog sebagai media alternatif dalam pembelajaran online di SDN Ulu Benteng 2 Marabahan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan beberapa peserta didik di SDN Ulu Benteng 2 marabahan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran video vlog adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mempersiapkan materi yang akan disajikan pada peserta didik dalam video vlog (vlogger) sesuai dengan silabus dan RPP guru. (2) Pelaksanaan pembelajaran, terbagi menjadi 3 kegiatan utama yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Metode yang digunakan ceramah, tanya jawab diskusi dan penugasan. Guru menggunakan pendekatan saintifik dengan 5M yang terlaksana hanya kegiatan menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasi. (3) Evaluasi pembelajaran yang digunakan yaitu penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Perangkat evaluasi yang digunakan tes tertulis, lisan, dan praktik. Hendaknya pihak sekolah melengkapi sarana prasarana dan guru memahami kembali konsep dasar dan praktik dalam pembelajaran video vlog (vlogger).

Published
2022-02-14
How to Cite
Herawati, Lagiono, & Muhammad Saufi. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN VIDEO VLOG (VLOGGER) DI SDN ULU BENTENG 2 MARABAHAN. Prosiding SENSASEDA, 1, 71-79. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1561
Abstract viewed = 49 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 77 times