PERANAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) DALAM PENGEMBANGAN GURU BERKELANJUTAN UNTUK MENGHADAPI PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL

  • Parji

Abstract

Asesmen nasional merupakan upaya untuk menentukan hasil yang yang telah dicapai peserta didik secara nasional berdasarkan kriteria tertentu. Assesmen merupakan kegiatan yang sangat penting, karena berkaitan dengan capaian mutu atau kualitas Pendidikan pada setiap jenjang Pendidikan yang akan dapat memberikan gambaran kualitas atau mutu Pendidikan. Asesmen nasional juga dapat dipakai sebagai maping (pemetaan) mutu Pendidikan pada setiap jenjang Pendidikan maupun pada setiap wilayah baik Kabupaten/Kota, Propinsi, maupun Nasional. Asesmen Nasional yang dilaksanakan Pemerintah sekarang ini mencakup tiga aspek penting, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei karakter, dan Survei lingkungan belajar.Peran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai organisasi Profesi dalam konteks Assesmen nasional maupun pengembangan keprofesian guru berkelanjutan dapat didiskripsikan sebagai berikut: (1) PGRI merupakan organisasi profesi utama sebagai wadah para guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (2)  melaksanakan diklat-diklat para guru berkaitan dengan tujuan, fungsi , dan substansi assesmen nasional; (3) melaksanakan kegiatan-kegiatan penguatan semisal tryout kepada peserta didik berkaitan dengan substansi assesmen nasional; dan (4) melaksanakan kegiatan penguatan psikologis dan karakter agar peserta didik mempunyai paradigma yang lebih menyenangkan dalam menghadapi assesmen nasional; dan (5) terbentuknya wadah-wadah untuk pengembangan keprofesian guru berkelanjutan, seperti Asosiasi Pendidik Keahlian Sejenis (APKS), Smart Learning and Character Center (SLCC), dan Asosiasi-Asosiasi Prodi di PT PGRI seluruh Indonesia.

Published
2022-02-13
How to Cite
Parji. (2022). PERANAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) DALAM PENGEMBANGAN GURU BERKELANJUTAN UNTUK MENGHADAPI PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 1-6. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1555
Abstract viewed = 168 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 260 times