STUDI LITERATUR: SUMBER DAN MEDIA BELAJAR DALAM PENANAMAN NILAI DAN KARAKTER SISWA SD

  • Fida Rahmantika Hadi PGSD, Universitas PGRI Madiun

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sumber dan media belajar dalam penanaman nilai dan karakter siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research). Kepustakaan merupakan kajian teoritis, referensi serta literatur ilmiah lainnya yang berkaitan dengan budaya, nilai dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Penelitian studi literatur ini dilakukan untuk mengkaji teori yang berkaitan dengan sumber dan media belajar dalam penanaman nilai dan karakter siswa SD. Tahapan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Menyiapkan rencana topik-topik yang ingin dikaji; 2) Mencari sumber pustaka yang relevan dari beberapa sumber dan memilih materi kajian yang sesuai; 3) Data kajian yang didapat dari sumber pustaka kemudian digunakan sebagai acuan dalam membuat pembahasan dan simpulan. Hasil dan pembahasan pada kajian literatur memuat sumber dan media belajar dari ketiga penanaman nilai dan karakter. Sumber dan media pembelajaran dapat menunjang proses belajar yang menarik sehingga penanaman nilai karakter dapat terus berlangsung.

Published
2022-02-14
How to Cite
Fida Rahmantika Hadi. (2022). STUDI LITERATUR: SUMBER DAN MEDIA BELAJAR DALAM PENANAMAN NILAI DAN KARAKTER SISWA SD. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 65-70. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1548
Abstract viewed = 214 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 496 times