Sastra Tradisional Banjar (Legenda Datu Aling) Pembentukan Karakter Pada Generasi Milenial

  • Novia WInda STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: sastra tradasional, legenda, Datu Aling, generasi milenial, karakter

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang sastra tradisional dan perannya dalam pembentukan karakter pada generasi milenial. Sastra tradisional merupakan media yang tepat untuk membentuk karakter milenial yang sesuai dengan budayanya. Selain itu, sastra tradisional mampu hadir sebagai bagian dari generasi milenial. Penelitian ini fokus pada nilai-nilai karakter yang terdapat dalam legenda Datu Aling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan (library research). Data penelitian diperoleh hasil di lapangan, artikel di koran, jurnal, dan tulisan ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sastra tradisional dalam legenda Datu Aling ini mengandung nilai-nilai karakter, seperti: karakter hormat, tanggung jawab, jujur, adil, toleransi, disiplin diri, kerja sama dan berani. Sastra tradisional diharapkan dapat menjadi filter bagi generasi milenial terhadap perkembangan teknologi. Sehingga terwujudlah generasi milenial yang berbudaya.

References

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research. Yogyakarta: Fak.Psikologi UGM.
Lickona, Thomas. 1991. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo. 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, Thomas. 2004. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zien. 2012. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Riduan, Arif. (6 April 2017). Datu Aling dari Muning, Berjuang untuk Rakyat. Dikutip 14 April 217 dari http://arifriduan.blogspot.co.id/2017/04/datu-aling-dari-muning-berjuang-untuk.html.
Setiawan, Muji. (14 Januari 2014.) Legenda Datu Aling sebagai Orang Sakti. Dikutip 14 April 217 dari http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=26&dn=20140113161606.
Winda, Novia dan Indah Wulandari.2018. Citra Pahlawan dalam Sastra Lisan Datu Aling di Kabupaten Tapin (Telaah Hermeutika). Jurnal Stilistika Vol.3 No.1, 1 April 2018. Diambil dari https://jurnal.stkipbjm.ac.id./index.php/STI/article/download/509/281/ (1 Mei 2018
Published
2020-05-10
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 6 times