ANALISIS KULTURAL NOVEL DEAR JANE KARYA PRATIWI JULIANI SEBAGAI IDENTITAS KARAKTER GENERASI MILENIAL BANJAR

  • Ida Komalasari STKIP PGRI BANJARMASIN
  • Lili Agustina STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: novel, milennial, kebudayaan, banjar

Abstract

Kebudayaan Banjar merupakan salah satu kelompok masyarakat dengan keragaman budaya dan nilai yang masih dijunjung tinggi dan menjadi pedoman aktivitas sampai saat ini. Keberadaan budaya Banjar dapat menjadi basis pembentukan karakter generasi milenial Banjar dan turut menjadikan mereka menjadi pelaku budaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dengan mengungkapkan analisis kultural atau budaya dari perspektif pendidikan karakter. Sumber data penelitian ini adalah novel Dear Jane karya Pratiwi Juliani. Data penelitian ini berupa satuan cerita berwujud kata, kalimat dan dialog yang berhubungan dengan aspek kultural dan pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian diungkapkan bahwa aspek kultural yang diungkapkan dalam novel Dear Jane meliputi, 1) sistem kepercayaan terhadap alam ghaib, patuh pada orang tua, mengutamakan agama dalam memilih pasangan hidup, minta doa dengan orang alim, 2) sistem sosial yaitu pernikahan, 3) sistem kepercayaan masyarakat setempat berupa aruh atau selamatan, dan 4) sistem sosial seperti gotong royong. Aspek kultural tersebut kemudian dapat dikontribusikan dalam penguatan pendidikan karakter yang dapat diaplikasikan dalam masyarakat, sehingga membuat mereka menjadi pelaku budaya yang meliputi karakter religius, nasionalis, gotong royong, dan integritas.

References

Diamond, Jared . 1998. Guns, Germs, and Stell: The Fates of Human. USA: W.W. Norton.
Fajarini, Ulfah. 2010. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika. Vol. 1, No. 2, Desember 2014. Hal. 123-130.
Hadi, S. 2015. Studi Etika Tentang Ajaran-ajaran Moral Masyarakat Banjar. Tashwir. Vol. 3, No. 1
Kohlberg, Lawrence. 1977. The Cognitive Develpoment Approach to Moral Education. New Jersey: Prentice Hall.
Moeis, Syarif. 2009. Pembentukan Kebudayaan Nasional Indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nadilla, Dewicca Fatma. 2017. Eksplorasi Nilai Falsafah Hidup Orang Banjar pada Pembelajaran Sejarah sebagai Landasan Moral dan Karakter Siswa di Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional “Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone”. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Raharjo, Budi. 2010. Sabar “Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 16, No. 3, Meil 2010.
Saleh, M. Idwar dkk, 1991. Adat Istiadat dan Upacara Perkawinan Daerah Kalimantan Selatan. Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanto, Heri. 2012. Hubungan Pemahaman Sejarah Masa Revolusi Fisik di Kalimantan Selatan dan Presepsi terhadap Keberagaman Budaya di Kalimantan Selatan dengan Sikap Nasionalisme Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tesis Dipublikasian. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Vidadari, Irene Santika. 2017. Representasi Perempuan dalam Kolom Humor Si Palui di Banjarmasin Post. Jurnal INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi. Vol. 47, No. 1, Juni 2017.
Yulindasari. 2018. Tradisi Aruh Mulud Suku Banjar di Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan. Skripsi Dipulbikasikan. Universitas Sumatera Utara.
Published
2020-05-10
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
pdf downloaded = 0 times