AKTUALISASI SASTRA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21 SISWA SDN SN PENGAMBANGAN 5 BANJARMASIN
Keywords:
aktualisasi, sastra, keterampilan abad 21
Abstract
Tujuan penelitian ini: 1. untuk mengetahui aktualisasi sastra, 2. untuk mengetahui peningkatan keterampilan abad 21. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, dengan metode desktiptif. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa SDN SN Pengambangan 5 Banjarmasin. Lokasi penelitiannya adalah SDN SN Pengambangan 5 Banjarmasin. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN SN Pengambangan 5 Banjarmasin telah mengaktualisasi sastra lisan melalui kegiatan teater. Eksistensi kegiatan teater ini adalah sebagai kegiatan ekstra kulikuler yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 minggu pasca kegiatan pembelajaran yang disupport oleh Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS). Keterampilan abad 21 yang meliputi komunikasi, kolaborasi, kreatif dan inovatif serta pemecahan masalah juga meningkat melalui kegiatan teater ini. Peneliti menyarankan kepada peneliti yang lain untuk dapat meneliti lebih lanjut mengenai sastra usia anak sekolah dasar yang lainnyaReferences
Dahlia, Yudha Adrian dan M. Saufi. 2019. Persepsi Guru Sekolah Dasar Menyikapi Pembelajaran Abad 21 Melalui Kearifan Lokal Kalimantan Selatan. Elememta: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin. 1 (1): 26-33.
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra di SD dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191-200.
Huck, C. (1987). Children Literature in the Elementary School. Chicago: Rand McNally College Publishing Company.
Norton, D. (1988). Through the Eyes of Child:An Introduction to Chilrdren Literature . Columbus: Charles Merril Publishing .
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://digilib.unila.ac.id/31955/3/SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&ved=2ahUKEwjQs8iq66roAhXKV30KHc68DwwQFjAQegQICRAB&usg=AOvVaw1rfLQablpSh-85A0mZdGQH
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/248509-persepsi-peserta-didik-terhadap-pelaksan-1ca35aae.pdf&ved=2ahUKEwjQs8iq66roAhXKV30KHc68DwwQFjAMegQIAxAB&usg=AOvVaw2GokubvkVPnpI5jNxzNrvj
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-perencanaan.html
Uno, Hamzah B.. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra di SD dalam Gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191-200.
Huck, C. (1987). Children Literature in the Elementary School. Chicago: Rand McNally College Publishing Company.
Norton, D. (1988). Through the Eyes of Child:An Introduction to Chilrdren Literature . Columbus: Charles Merril Publishing .
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://digilib.unila.ac.id/31955/3/SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&ved=2ahUKEwjQs8iq66roAhXKV30KHc68DwwQFjAQegQICRAB&usg=AOvVaw1rfLQablpSh-85A0mZdGQH
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/248509-persepsi-peserta-didik-terhadap-pelaksan-1ca35aae.pdf&ved=2ahUKEwjQs8iq66roAhXKV30KHc68DwwQFjAMegQIAxAB&usg=AOvVaw2GokubvkVPnpI5jNxzNrvj
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-perencanaan.html
Uno, Hamzah B.. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.