KONTRIBUSI SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN INTELEKTUAL ANAK USIA 2-3 TAHUN

  • Isna Kasmilawati STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: sastra anak, perkembangan emosional, intelektual

Abstract

Sastra anak adalah sastra yang secara emosional psikologis dapat ditanggapi dan dipahami oleh anak, yang pada umumnya berangkat dari fakta yang konkret dan mudah diimajinasikan. Bahasa yang digunakan dalam sastra anak adalah bahasa yang dipahami oleh anak, yaitu bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan pemahaman anak. Pesan yang disampaikan berupa nilai-nilai, moral, dan pendidikan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan pemahaman anak-anak. Dengan demikian, sastra anak adalah sastra yang dari segi isi dan bahasa sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual dan emosional anak. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasikan, dan mendeskripsikan data dalam fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini meliputi perkembangan emosional, yaitu tokoh-tokoh cerita akan bertingkah laku baik secara verbal maupun nonverbal yang rnenunjukkan sikap emosionalnya dan perkembanagan intelektual, yaitu dengan kegiatan membaca cerita itu, aspek intelektual anak juga ikut berperan. Sastra anak diyakini memiliki kontribusi yang besar bagi perkembangan kepribadian anak dalarn proses menuju ke kedewasaan sebagai manusia yang mempunyai jati diri yang jelas. Kepribadian dan atau jati diri seorang anak dibentuk dan terbentuk lewat lingkungan baik diusahakan secara sadar maupun tidak sadar.

References

Huck, C. S., Susan Hepler, & Janet Hickman. 1987. Children:S Literature in The Elementary School. New York: Holt, Rinehart and Wmston.

Hunt, Peter. 1995. Criticism, Threory, and Children’s Literature. Cambridge, Massacusetts:Blackwell.

Nurgiyantoro, B. 2016. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Puryanto, Edi. 2008. Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusasteraan XIX HISKI.

Saxby, M. dan Gordon Winch, (ed). 1991. Give Them Wings, The Experience of Children:S Literature, Melbourne: The Macmillan Company.

Stewig, J. W. (1980). Children andLiterature. Chicago: Rand McNally
College Publishing Company.

Wahidin. 2009. Hakikat Sastra Anak. Online: http//makalahkumakalahmu.wordpree.com
/2009/03/18/hakikat-sastra-anak/.

Witakania. 2008. Aspek Psikopedagogik dalam Sastra Anak.

L. E. Saphiro, 1999. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia.
Published
2019-12-20
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 4 times