Perspektif Sosiolinguistis tentang Pemilihan Bahasa di Pasar Kemakmuran Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan

  • Kamal Hasuna STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: perspektif sosiolinguistik, pilihan bahasa

Abstract

Pemilihan bahasa dalam masyarakat multibahasa di pasar Kemakmuran Kotabaru merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji dari perspektif sosiolinguistik. Fenomena tersebut bertemali buka hanya dengan aspek kebahasaan semata, melainkan juga dengan aspek sosial budaya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap bagaimana perspektif sosiolinguistis tentang pemilihan bahasa di pasar Kemakmuran Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk mengungkap akar permasalahan dalam penelitian ini digunakan pendekatan teoritis sosiolinguistik. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu: metode simak dan metode cakap. Metode simak yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), sedangkan metode cakap, yaitu teknik cakap semuka (CS), teknik cakap tidak tatap muka (CTS) dengan teknik rekam dan teknik catat. Adapun yang menjadi informan adalah masyarakat yang sedang menjalankan transaksi jual beli di pasar Kemakmuran Kabupaten Kotabaru Data yang diambil dibatasi pada interaksi penutur yang berasal dari etnis yang berbeda. Makalah ini akan mengkaji perspektif sosiolinguistik terhadap pemilihan bahasa di Pasar Kemakmuran berdasarkan teori Heymes yang dikenal dengan akronim SPEAKING, yaitu (1) setting and scene (latar dan suasana tutur), (2) participants (peserta tutur), (3) ends (tujuan tutur), (4) act sequence (topik/urutan tutur), (5) keys (nada tutur), (6) instrumentalities (sarana tutur), (7) norms (norma-norma tutur), dan (8) genre (jenis tutur). Pemilihan bahasa di pasar Kemakmuran Kabupaten Kotabaru dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial dan budaya. Interaksi sosial dalam masyarakat multibahasa ini terdiri dari beberapa bahasa atau ragam bahasa sehingga setiap penutur dituntut untuk mampu memilih secara tepat bahasa atau ragam bahasa yang sesuai dengan situasi komunikasi. Pemilihan bahasa ini tidak bersifat acak melainkan mempertimbangkan berbagai faktor. Pertama, karakteristik situasi kebahasaan ditandai dengan adanya kontak bahasa dan kontak dialek yang menjadikannya sebagai masyarakat bilingual atau multilingual. Sosiolinguistik melihat fenomena pemilihan bahasa sebagai fakta sosial dan menempatkannya dalam sistem lambang (kode), sistem tingkah laku budaya, serta sistem pragmatik. Dengan demikian, kajian sosiolinguistik menyikapi fenomena pemilihan bahasa sebagai wacana dalam peristiwa komunikasi dan sekaligus menunjukkan identitas sosial dan budaya peserta tutur.

References

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kabupaten Kotabaru. 2004. Monografi Desa/Kelurahan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Kotabaru.
Bell, R.T. 1976 Sociolinguistics: Goals, Approaches, and Problems. London: Bastford.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dittmar, Norbert. 1976 Sociolinguistics. London: Edwar Arnold
Fasold, Ralph. 1984 The Sociolinguistics of Society. Oxford: Basil Blackwell.
________. 1990 The Sociolinguistics of Language. Oxford: Basil Blackwell.
Fishman, Joshua A. 1972 The Sociology of Language. Rowley: Newbury House.
Groesjean, Fracois. 1982. Life with Two Languages. Cambridge: Harvard University Press.
Gumperz, John dan Hymes, Dell (eds.). 1972. Direction in Sociolinguistics. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Holmes, Janet. 1992 An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman.
Hudson, R.A. 1996 Sociolinguistics (Second Edition). Cambridge: Cambridge University Press.
Hymes, Dell, ed. 1980. Foundations in Sociolinguistics An Ethnographics Approach. Philadelpia: University of Pennsylvania Press.
Kartomihardjo, Soeseno. 1988. Bahasa Cermin Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Depdikbud.
Labov, Williams 1972. Sociolinguistic Patterns. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.
Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.
Nasucha, Yakub dkk. 2013. Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.
Sumarsono. 2007. Sosiolingustik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Wardhaugh, Ronald. 1986. An Introduction to Sociolinguis-tics. Oxford: Basil Blackwell.
Wijana, I Dewa Putu. 1997. Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik. Makalah dalam Temu Ilmiah Bahasa dan Sastra di Balai Penelitian Bahasa, Yogyakarta.
Published
2019-12-20
Abstract viewed = 80 times
pdf downloaded = 2 times