PELAKSANAAN SKALA LEECH DALAM TUTURAN WA REDAKSI JURNAL BALAI/KANTOR BAHASA

  • Rissari Yayuk Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan
Keywords: skala leech, whatsapps, bahasa

Abstract

WattsApps (WA) merupakan media sosial yang sangat berperan penting dalam melakukan komunikasi pada sekarang ini. Bahasa santun atau tidak yang digunakan dalam WA akan menentukan lancar tidaknya tujuan sebuah komunikasi. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan kesantunan dialog redaksi jurnal dalam WA berdasarkan skala Leech. 2. Faktor kebahasaan dan nonkebahasaan apa saja pada pelaksanaan kesantunan dialog redaksi jurnal dalam WA berdasarkan skala Leech. Tujuan penelitian adalah mendeskripsian adalah 1. Pelaksanaan kesantunan dialog redaksi jurnal dalam WA berdasarkan skala Leech. 2. Faktor kebahasaan dan nonkebahasaan pada pelaksanaan kesantunan dialog redaksi jurnal dalam WA berdasarkan skala Leech. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data secara alamiah atau apa adanya.Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan catat.Waktu pengambilan data pada Bulan April 2018 sampai Agustus 2018 di WA pribadi dan grup WA forum Peneliti dan Forum Pengelola Jurnal balai/kantor Balai Bahasa se-Indonesia. Teknik analisis data adalah interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan kesantunan dialog redaksi jurnal dalam WA berdasarkan skala Leech memenuhi kelima skala yaitu (1) Skala kerugian dan keuntungan (Cost-benefit scale), (2) Skala pilihan (optionality scale), (3) Skala ketidaklangsungan (Indirectness scale), (4) Skala keotoritasan (Authority scale), (5) Skala jarak sosial (Social distance scale). 2. Faktor kebahasaan dan nonkebahasaan pada pelaksanaan kesantunan dialog redaksi jurnal dalam WA berdasarkan skala Leech meliputi penanda kesantunan pemakaian kata dan ujaran santun atau halus. Ada pun faktor nonkebahasaan adalah topik pembicaraan. Simpulan penggunaan bahasa dalam wacana dialog dalam WA oleh redaksi jurnal balai/kantor Balai Bahasa menggunakan kesantunan yang sesuai dengan skala Leech.

References

Chaer, Abdul. 2012. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka.
Darma, Aliah Yoce. 2014. Analisis Wacana Kritis. Bandung:Yrama Widya.
Jahdiah (2013) Prinsip Kerjasama dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Martapura. Bunga Rampai Bahasa Tahun 7: 25-45, Desember 2013, ISSN 978-979-069-155-1. Banjarbaru: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.
Pranowo. 2012. Berbahasa Secara Santun.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahardi R. Kunjana. 2009. Pragmatik. Jakarta:Erlangga.
Rahardi, R. Kunjana. 2005. Pragmatik. Jakarta:Erlangga.
Rohmadi, Muhammad. 2009. Pragmatik Teori dan Analisis. Jogya:Lingkar Media Jogja.
Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Jakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. PengkajianPragmatik. Bandung: Angkasa.
Yayuk, R. (2012). Maksim Kesopanan dalam Tuturan Penumpang dan Tukang Ojek di Pasar Hanyar Kota Banjarmasin. Bunga Rampai Bahasa: 149-174. Banjarbaru: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan.
Yule, George. (1996). Pragmatics. Terjemahan Jumadi. 2005. Pragmatik. Banjarmasin: Unlam.
Zaini, Ahmad(Ed). (2008). Kesantunan Direktif Bahasa Banjar. Undas.Banjarbaru. Balai Bahasa Banjarmasin.
Published
2019-12-20
Abstract viewed = 2 times