Tinjauan Komunikatif Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

  • Nailiya Hikmah STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: komunikasi, pembelajaran bahasa Indonesia, perguruan tinggi, whatsapp

Abstract

Kecanggihan teknologi dan kebutuhan masyarakat terhadap proses pertukaran informasi yang lebih efektif dan efisien menyebabkan meningkatnya penggunaan media sosial di seluruh kalangan. Keberadaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi hal yang lumrah, tidak terkecuali di kalangan akademisi dalam hal ini mahasiswa. Untuk kemudahan berkomunikasi, penggunaan media sosial WhatsApp (WA) menjadi salah satu pilihan yang cukup populer bagi mahasiswa. Suatu hal yang menarik untuk dikaji jika media sosial seperti WA dimanfaatkan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan komunikatif pemanfaatan media sosial WA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus kajian pada tinjauan komunikatif terhadap permasalahan yang diangkat. Penelitian ini menguraikan penggunaan grup dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi dengan kelebihan hasil penelitian berupa tinjauan komunikatif dari setiap penggunaan fitur WA dalam pembelajaran menggunakan grup WA.

References

Brent D. Ruben dan Lea P. Stewart. (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Isti Fatonah dan Zusy Aryanti. (2016). Etika Berkomunikasi Mahasiswa Kepada Dosen Melalui Layanan Pesan Singkat/SMS (Studi pada STAIN Jurai Siwo Metro). TaPis, Vol.16 No. 02 Juli-Desember, 193.
Paramitha Amanda Rorimpandey dan J.S. Kalangi. (2016). Perilaku Komunikasi mahasiswa Pengguna Sosial Media Path (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sam mRatulangi. e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.3.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Ristekdikti.
http://repository.unpas.ac.id/14775/6/BAB%20II.pdf
Published
2019-12-20
Abstract viewed = 3 times