Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

  • Lita Luthfiyanti STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: pembelajaran, media sosial, facebook

Abstract

Di era globalisasi dewasa ini, hampir setiap orang mudah mengakses internet, baik orang tua, remaja, maupun anak kecil. Apalagi didukung dengan menjamurnya smartphone dan paket internet yang berlomba-lomba menamai dirinya murah dan tidak lelet. Seiring berkembangnya teknologi internet, masyarakat pun makin ramah dengan situs jejaring sosial facebook, blogger, instagram, whatsapp, hingga twitter. Situs jejaring sosial tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dengan teman, melainkan juga sebagai media menyampaikan informasi, untuk mempromosikan produk, bahkan dapat dimanfaatkan untuk mencurahkan isi hati pengguna. Inovasi pembelajaran bahasa Indonesia sangat perlu dilakukan agar pembelajaran tidak membosankan. Salah satunya dengan menggunakan facebook. Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki fitur-fitur aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya, mulai dari pendidikan, bisnis, dan entertaiment. Banyak kegiatan kehidupan yang dikembangkan di situs jejaring sosial ini. Dengan facebook guru bisa berperan aktif dengan cara membuat grup yang berhubungan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Dengan facebook pula guru dapat bersosialisasi dengan peserta didik tentang berbagai materi pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, dengan facebook guru bisa berbagi (sharing) materi, baik itu berupa link, gambar dan video. Hal ini untuk menambah bahan ajar. Ruang konsultasi dan ringkasan materi pada note, dapat dijadikan media latihan/ evaluasi dengan cara siswa menjawab latihan atau quiz yang diberikan oleh guru di facebook.

References

Amari, Putri & Indah Emijati Ardy. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Bogor: Quadra.
Arsad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Enterprise, Jubilee. 2010. Facebook Goes to School. Jakart: Elex Media Komputindo.
Haryalesmana, Devid. 2008. Media Pembelajaran. Tersedia di http://www.guruit 07.blogspot.com/2009/01/pengertian-media-pembela-jaran.htm. diakses tanggal 29 Maret 2015.
Kominfo. 2013. Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Tersedia di http://kominfo.go.
id. Diakses tanggal 10 April 2015.
Madcoms. 2009. Trik Rahasia Mengoptimalkan Facebook. Yogyakarta: Andi
Mangkulo, Hengky Alexander. 2010. Facebook untuk Sekolahan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Patria, Lintang & Kristianus Yulianto. 2010. Pemanfaatan Face-book Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Tersedia di http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fmipa201113. pdf. Diakses tanggal 1 April 2015.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahono, Romi Satria. 2006. Aspek dan Kriteria Media Pembelajaran. Tersedia di http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dankriteria-penilai-an-media-pembelaja-ran. Diakses tanggal 5 Ok-tober 2010.
Published
2019-12-20
Abstract viewed = 3 times