Analisis Tindak Tutur Endorse Di Media Sosial Instagram
Keywords:
endorse, instagram, tindak tutur
Abstract
Instagram sebagai salah satu media sosial yang merepresentasikan komunikasi dalam bentuk kata-kata kepada sesama penggunanya. Selain kata-kata, instagram menggunakan media foto dan video dalam konten aplikasi. Kehadiran instagram menjadi fenomena dari perkembangan media sosial dari waktu ke waktu. Berbagai kalangan menggunakan media sosial instagram untuk tujuan tertentu, seperti endorse untuk mengenalkan produk tertentu. Endorse yang dilakukan dapat berbentuk foto produk yang dijelaskan dengan kata-kata atau ujaran dalam bentuk video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindak tutur endorse di media sosial instagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan secara deskriptif. Deskriptif menurut Moleong (2007:11) adalah data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana penggunaan kata-kata atau ujaran endorse dalam kajian pragmatik tindak tutur.References
Bagus, R. (2018). Inilah Perkembangan Digital Indonesia Tahun 2018. https:/www.goodnewsfromindonesia.id /2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesia-tahun-2018, diakses tanggal 5 September 2018.
Cangara, H Hafied. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jumadi. (2013). Wacana, Kekuasaan & Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono & Yuniseffendri. (2014). Pragmatik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widi, H. (2017). Pengertian Endorse Artis. http:/www.kompasiana.com/retina / pengertian-endorse-artis. Diakses tanggal 5 September 2018.
Cangara, H Hafied. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jumadi. (2013). Wacana, Kekuasaan & Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono & Yuniseffendri. (2014). Pragmatik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widi, H. (2017). Pengertian Endorse Artis. http:/www.kompasiana.com/retina / pengertian-endorse-artis. Diakses tanggal 5 September 2018.
Published
2019-12-20
Section
Articles