KARAKTERISTIK BAHASA CERAMAH USTADZ ABDUL SOMADZ, Lc., MA DI YOUTUBE

  • Ida Komalasari STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: karakteristik bahasa ceramah, youtube

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang karakteristik bahasa dalam ceramah salah satu seorang ustadz yang saat ini namanya dikenal diseluruh Indonesia yaitu ustadz Abdul Somad, Lc., MA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang menganalisis tentang karakteristik bahasa ceramah ustadz Abdul Somad, Lc., MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video ceramah yang di unduh dari situs youtube. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat, dan teknik analisis data adalah analisis kualitatif. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pertama, gaya bahasa yang digunakan oleh ustadz Abdul Somad dalam menyampaikan ceramah ada tiga, yaitu gaya bahasa sederhana, gaya mulia dan bertenaga, dan gaya menengah, kedua, proses unsur humor dalam ceramah ustadz Abdul Somad yang fungsinya untuk menghidupkan suasana dalam ceramahnya dan tanpa menyinggung atau menyakiti siapapun. Dengan demikian unsur humor tersebut adalah unsur yang mengakibatkan rasa malu, unsur yang tidak masuk akal, dan unsur yang membesar-besarkan masalah, ketiga, campur kode dan alih kode dalam peristiwa tuturan ceramah ustadz Abdul Somad yakni akibat banyaknya bahasa yang digunakan beliau. Maka campur kode merupakan salah satu bentuk penyisipan kata atau kalimat dalam penyampaian ceramah ustadz Abdul Somad. Sedangkan alih kode meliputi alih kode intern dan alih kode ekstern. Alih kode intern adalah merupakan bentuk alih bahasa dari dalam misalnya dari bahasa Indonesia ke bahasa melayu, dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa ataupun sebaliknya. Sedangkan alih kode ekstern merupakan alih bahasa dari luar yaitu dari bahasa asing misalnya dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya, keempat, ciri khas bahasa ceramah yang digunakan ustadz Abdul Somad dalam menyampaikan tausiah ada tiga, yaitu canda yang tidak berlebihan, analog yang mudah dipahami oleh jamaah, dan pembahasan materi yang terstruktur.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal.
Jakarta: Rineka Cipta
Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayatullah, Ahmad. 2013. Alih Kode dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar
Umum Paringin Kabupaten balangan. Banjarmasin: Sekolah Tinggi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia
(STKIP PGRIP).
Sugono, Dendy, dkk. 2010. Kanus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.
Jakarta: Gramedia.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Kesepuluh. Banjarmasin:
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pndidikan Persatuan Guru Republik
Indonesia (STKIP PGRI).
Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan
Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rahmanadji, Didiek. 2010. Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi Humor. Malang:
Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Gani, Erizal., Nura, Amris & Nazurti. 2000. Tata Bahasa Melayu Jambi. Jakarta:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan
Nasional.
Sari, Galih Purnama. 2015. Karakteristik Bahasa Terjemahan Manga Shoujo
Kajian Sosiolinguistik. Surakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas
Sebelas Maret.
Sya’bi, Akhmad. 2010. Kamus Al-Qalam Arab-Indonesia, Indonesia-Arab.
Surabaya: Halim Jaya.
Rohmadi, Alfian. 2016. Gaya Bahasa Dajkwah Ustadz Maulana Di Acara Islam
Itu Indah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesi Di SMA.
Lampung: Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Malang
Sulistyorini, Dwi., Eggy Fajar Andalas. 2017. Sastra Lisan Kajian Teori dan
Penerapannya dalam Penelitian. Malang: Madani
Published
2019-12-20
Abstract viewed = 21 times