Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Transformasi Geometri Berbantuan Software Autocad
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Kurangnya variasi dalam pembelajaran matematika yang dilakukan membuat pembelajaran terlalu monoton. Hal ini tidak sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang mana peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Implikasinya bagi pembelajaran adalah bahwa apa yang dipelajari peserta didik di sekolah harus berguna dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Transformasi Geometri Berbantuan Software Autocad. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan adalah model 4D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kevalidan dengan lembar validasi, kepraktisan dengan angket respon peserta didik dan wawancara, serta keefektivan dengan tes. Subjek uji coba adalah 18 peserta didik kelas XI DPIB di SMKN 2 Kandangan. Hasil penelitian dan pengembangan berupa Lembar Kerja Peserta Didik Materi Transformasi Geometri Berbantuan Software Autocad memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga LKPD layak untuk digunakan.
References
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Dyah, Purboningsih. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Peserta didik SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Hartoyo, A. Dalam Sunandar. (2016). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.
Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S., & Noto, M. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1870
Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP: Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(1), 61-68. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682.
Nalurita, L., Siroj, R.A., & Ilma, R. (2013). Bahan Ajar Kesebangunan Dan Simetri Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Macromedia Flash di Kelas 5 Sekolah Dasar.
Raharjo, H., & I’anah. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. EduMa, 3(2), 119-132.
Siswoyo, Dwi dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.
Suriyati, Hasmiati, Judrah, M., & Jamaluddin. (2023). Tujuan, Alat dan Lingkungan Pendidikan Sebagai Faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(2), 122-129. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.434.
Pasumbung, Y., & Pratama, F. (2022). Video Interaktif dan E-LKPD untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Materi Transformasi Geometri dalam Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2622-2634.
Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Yuliasih, R., Roza, M., Samad, D. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Muatan Lokal Minangkabau di Kelas IV SD/MI. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, 10(1), 31-44.
Zuhairini. (2003). Metodik Khusus Pendidikan Agama (Cet. Ke 8). UIN Sunan Ampel.