Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII MTs Nurul Ulum Banjarmasin Dengan Model Problem Based Learning (PBL)

  • Mahrida Mahrida Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Rezky Nofianthi Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
  • Rabiatul Adawiyah Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Kalimantan
Keywords: Problem Based Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan

Abstract

Hasil observasi di MTS Nurul Ulum Banjarmasin, siswa kelas VIII memiliki hasil belajar yang rendah terhadap mata pelajaran IPA dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran membuat hasil belajar siswa banyak yang belum memenuhi KKM 75, aktivitas siswa selama pembelajaran siswa tidak mendengarkan penjelasan dari guru, berbicara dan bermain bersama teman sebangku sehingga menganggu teman yang lain dan saat diberi soal mereka tidak dapat menjawab yang mengakibatkan nilai mereka menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dan respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTS Nurul Ulum Banjarmasin dengan jumlah siswa 25 orang. Data dikumpulkan melalui post-test, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning: (1) meningkatnya hasil belajar kognitif siswa pada post-test siklus I dengan ketuntasan klasikalnya 48%. Pada siklus II dengan ketuntasan klasikalnya menjadi 100%; (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh presentase 51.47% dengan kategori kurang, siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 88.23% dengan kategori sangat baik; (3) Aktivitas Guru pada siklus I dengan persentase 69.73% kategori cukup dan pada siklus II yaitu menjadi 94.73% dengan kategori sangat baik; (4) Respon positif terhadap model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan manusia yaitu yang menjawab Ya sebanyak 88% sangat setuju sedangkan yang menjawab Tidak sebanyak 12%.

References

Adi Nugraha, Sobron., Titik Sudiatmi., Mediawati Suswandari. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1

Ahmad Susanto. (2028). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Amir, Tufik. (2018). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran Di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Ambarsari, D., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020). Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Siswa Kelas 4 SDN Kledokan 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 69–77.

Amri, Sofan (2018). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Pretasi Pustakarya.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

Anwar, K. Jurotun. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif. Vol 10. No 1. Hal 49-104.

Ariani, N. (2021). Profesi Keguruan. Publikasi Pembelajaran, 1(2), 68–72.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Dakhi, O. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Hal. 8-15.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Deviyanti, L. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 44 Pontianak. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Dewi, E, H, P. Dkk. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Jurnal Of Biology Learning. Vol 1. No 1.

Dinatha M. N. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 2, No. 2, Hal. 214-223.

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaafah Learning Center.


Elkhaira, U., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajararan Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Portofolio di Kelas V SD. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 10-18.

Euis Karwati Dan Donni Juni Priansa. (2018). Manajemen Kelas. Guru Profesional Yang Ispiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, Vol. 14, No. 1, Hal. 1-9.

Fathurrohman, M. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Depok : AR-RUZZ MEDIA.

Gasong, Gina (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Harefa, A. R. (2019). Peran Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Warta Dharmawangsa, Vol. 12, No. 2, Hal. 21-32.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Volume 1 No.1.

Indrawati, Farah, and Leny Hartati. "Pelatihan Aplikasi Belajar Berbasis Kuis dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa." E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 12.1 (2021): 67-73.

Irwan, I., Maridi, M., & Dwiastuti, S. (2019). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Ranah Afektif Dan Psikomotorik. EDUSAINS, 11(1), 50-61.

Kholifa. (2018). Keefektifan Model Problem Posing Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Universitas Semarang, Jawa Tengah: Skripsi

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Laoli, A., Dakhi, O., & Zagato, M. M. (2022). The Application of Lesson Study in Improving the Quality of English Teaching. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Hal. 2238-2246.

Lestari, Siti. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bakteri. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9 (2), 2021, 136-148

Mahmudi, I. dkk (2020). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin. S Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani. Vol 2. No 9. Hal 3507-351

Mulyani, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui Problem Based Learning Bagi Peserta Didik XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan. Vol 29. No 2. Hal 143-150.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.

Prunawati. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Simpang 5 Empat Dengan Model Problem Based Learning Pada Konsep Ekosistem. Program Studi Pendidikan Biologi.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Safitri, Dewi. (2019). Menjadi Guru Profesional. Tembilahan : PT Indragiri Dot Com.

Safrida, M. Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 7. No 7.

Susanto. (2018). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K. & Triwiyono. (2019). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara 137

Triani, L., Wahyuni, S., Purwanti, E., Hudha, A. M., Fatmawati, D., & Husamah, H. (2018). Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan problem-solving skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 158-168

Tyera, L., Megawati, M. & Rusli, M. (2022). Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Hal. 112-123.

Utami, Y, P & Cahyono, D, A, D. (2020). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring,” dalam Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1, no. 1 (2020), hal. 20-26.

Wulandari, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Di Kelas VB SDN 27 Anak Air Padang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Yanti, N.W.S.D,. (2020). Evaluasi Pembelajaran IPA. Badung: Nila Cakra.


Zagoto, M. M. & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 1 No. 1, Hal. 157-170.
Published
2023-12-06
How to Cite
Mahrida, M., Nofianthi, R., & Adawiyah, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII MTs Nurul Ulum Banjarmasin Dengan Model Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 296-318. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/2612
Abstract viewed = 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 65 times PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times