Implementasi Kegiatan P5 dalam Meningkatkan Soft Skill Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Jember
Abstract
Perkembangan zaman menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan. SMPN 2 Jember memberikan perhatian pada peserta didiknya untuk meningkatkan keterampilan dengan kegiatan P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Tujuan penulisan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi kegiatan P5 dalam meningkatkan keterampilan peserta didik. Dalam penelitian ini memuat proses, pelaksanaan, hingga hasil serta dampak-dampak beserta kekurangan terkait kegiatan P5, baik dari peserta didik maupun pendidik. Melalui kegiatan P5 ini, peserta didik diajak secara langsung untuk berpatisipasi dan terlibat secara langsung sesuai tema-tema yang dipelajari, serta mendapatkan banyak pembelajaran baru di dalamnya.
References
Septiani, A., Novaliyosi, dan Nindiasari, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pembelajaran Matematika dan Pelaksanaan P5 (Studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). Aksioma:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.
Okpatrioka, B. G. M. Sari, dan N. Zhafirah. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Jenjang Sekolah Dasar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat. 1(3),105-118