ANALISIS METODE PEMBELAJARAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DITINJAU DARI LAMA MENGAJAR GURU MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 9 JOMBANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge guru mengajar matematika pada meteri turunan fungsi trigonometri atau aturan rantai, yang ditinjau dari lama guru mengajar matematika. Subjek penelitian ini terdiri atas guru matematika yang mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 9 Jombang, dengan kriteria guru lama mengajar kurang dari lima tahun. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa guru dapat menjelaskan fakta, konsep dan pengetahuan kepada siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Dimana penelitian dilakukan pada siswa kelas X11 MIA2 Madrasah Aliyah Negeri 9 Jombang. Dalam memberikan pembelajaran matematika guru menggunakan pendekatan saintific dan media pembelajaran yang bervariasi seperti powerpoint berupa print out.
References
Hamid A. Guru Profesional. Al-Falah J Ilm Keislam dan Kemasyarakatan. 2017;17(2):274–285. doi:10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Hapsari N, Abidin Z, Arip AG. Analisis Faktor Jenis Kelamin, Usia dan Lama Bekerja Terhadap Kemampuan TPACK Guru IPA SMP di Kota Cirebon. Quagga J Pendidik dan Biol. 2022;14(2):113–123. doi:10.25134/quagga.v14i2.4942
Holekhah P. PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( PCK ) CALON GURU MATEMATIKA TESIS Diajukan Kepada Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Oleh PUTRI SOLEKHAH. Published online 2020.
Makaraka A, Ilyas M, Ma’rufi M. Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Perempuan Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Prestasi Akademik. Prox J Penelit Mat dan Pendidik Mat. 2021;4(2):56–63. doi:10.30605/proximal.v4i2.1336
Matematika G, Praktik D. ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( PCK ) GURU MATEMATIKA DAN PRAKTIK PEMBELAJARANNYA. 2015;1(1):58–71.
Matematika P, Sekolah DI. ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT. Published online 2016:47–60.
Nashrullah M, Sartika SB, Efendi N. The Analysis of Pedagogical Content Knowledge (PCK) at Natural Science Teachers in SMP Negeri 4 Sidoarjo. SEJ (Science Educ Journal). 2022;6(1):49–59. doi:10.21070/sej.v6i1.1622
Restiana N, Pujiastuti H. Pengukuran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggal. Mosharafa J Pendidik Mat. 2019;8(1):83–94. doi:10.31980/mosharafa.v8i1.407
Rosida U, Pratiwi RM, Natagara SF, et al. Pengaruh lama pengalaman mengajar terhadap keterampilan menjelaskan seorang guru. J Integr dan Harmon Inov Ilmu-Ilmu Sos. 2023;3(6):636–640. doi:10.17977/um063v3i6p636-640