Studi Literatur : Buku Ajar Matematika Terintegrasi STEM Berbasis PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Pembelajaran Abad 21 menuntut siswa memiliki kemampuan 4C salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Studi PISA 2018 kemampuan matematika di Indonesia sebesar 379 dari rata rata OECD yaitu 489. Hal tersebut mengidentifikasi bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan dalam studi PISA karena dibutuhkan dalam penyelesaian soal. Pembelajaran Abad 21 mendorong siswa untuk menghadapi era profesi bidang Science dan Engineering. Untuk menghadapi tantangan tersebut, salah satu caranya dengan menerapkan STEM dalam pembelajaran. Pembelajaran kurang maksimal tanpa adanya sebuah media pembelajaran. Untuk memenuhi tantangan tersebut, salah satu inovasi yang digagas adalah buku ajar matematika berbasis Project Based Learning dengan pendekatan STEM untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan melakukan penyusunan pertanyaan penelian, kriteria inklusi, strategi pencarian studi, seleksi dan evaluasi, serta analisis data dari berbagai referensi penelitian yang relevan. Hasil kajian literature adalah 1) Pembelajaran dengan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan 2) Penggunaan media buku ajar matematika berbasis PjBL dengan pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa buku ajar matematika berbasis Project Based Learning dengan pendekatan STEM untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
References
Andini, R., & Retno, E. 2022. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Model Problem Based Learning Berbantuan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM. Prisma. 5(1), 467-474.
Asmi, A.W., Fainida, R., Mazlini, A. 2022. The Effect of Project-Based Learning on Students’ Mathematics Learning in Indonesia: A Systematic Literature Review. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT). 5(4). 311-333.
Daryanto, S.K. 2017. Pembelajaran Abad 21. Pembelajaran Abad 21 Yogyakarta, 276. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1145369.
Diana, N., & Turmudi. 2021. Kesiapan Guru Dalam Mengembangkan Modul Berbasis Stem Untuk Mendukung Pembelajaran di Abad 21. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2):1-8.
Dwita, L., & Susanah. 2020. Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) dalam Pembelajaran Matematika di SMK Pada Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. Mathedunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2):276- 285.
Febrianto, T., Ngabekti, S., & Saptono, S. 2021. The Effectives of Schoology-Assisted Pblstem To Improve Critical Thingking Ability Of Junior High School Students. Journal Of Innovaive Science Education. 10(2):222-229.
Fitriyah, A., & Shefa D. R. 2021. Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PjBL (Project Based
Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. 209-226.
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. 2019. Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(): 83- 89. https://doi.org/10.31629/anugerah.vli2.1776.
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, & Khairil. 2021. Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning : Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(2):697-705.
Ningsih, F. et al. 2018. The Developement od Student’s Book Based on STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) With LBL (Life Based Learning Integration on the Subject of Biotechnology in Class XII Senior High School. Pancaran Pendidikan,
7(3): 7-12.
Nurhidayat, M.F., & Asikin, M., 2019. Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 298-302.
Nursidrati, Komalasari, L. I., & Syamratulangi, S. 2022. Analisis Penyajian Konsep Fungsi pada Buku Teks Matematika Singapura dalam Mengembangkan Berpikir Kritis. Jurnal Lentera. 4(1):1-14.
Niam, M., A., & Asikin, M. 2021. Pentingnya Aspek STEM dalam Bahan Ajar terhadap Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional 4, 329-335.
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. 2020. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model project based learning dengan pendekatan stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10-14.
Purwati, R., Hobri, dan Fatahillah, A. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 7(1): 84-93.
Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. 2022. Implementasi STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3):2002-2014. https://doi..org/10.41227/ajpm.v11i3.5490.
Rochmad & Masrukan. 2016. Studi Kinerja Mahasiswa dalam Menganalisis Materi Pada Pembelajaran Kooperatif Resiprokal. Jurnal Kreano, 7(1):47-57.
Rokhim, D.A., Widarti H.R., Syafruddin. A.B. 2022. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar pada Materi Elektrokimia Topik Korosi Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 50-61.
Sayekti, A. M., & Suparman. 2020. Development PjBL-Based LKPD With STEM Approach Design To Improve Critical Thinking Skills. International Journal Of Scientific & Technology Research,9(3):3390-3394.
Sumaji. 2019. Implementasi Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fkip, Universitas Muria Kudus, 1, 7-15.
Thovawira, F.A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. 2021. Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan STEM (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 355-371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682
Utami, T. N. et al. 2018. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2): 165-172.
Wahono, B. et al. 2018. Developing STEM Based Student’s Book for Grade XII Biotechnology Tropics. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(3): 450-456.
Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S.K. 2016. STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1:976-984