Penerapan Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas VI Sekolah Dasar melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sidomulyo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas VI SDN Sidomulyo. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan proses sains pada tiap siklus. Persentase ketuntasan pada siklus I=79,00% dan siklus II=84,75%.
References
Aufa, A., Lilis, L., Sari, A., & Qadaria, L. (2023). Menganalisis Metode Pembelajaran IPA di Kelas IV pada SD Al Ittihadiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2191-2195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11287.
Deratama, D., Surahman, E., & Fitriani, R. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(2), 46-50. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i2.26376.
Enjoni, E., & Febriyanto, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 64–76. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.60Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081.
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93-100. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591.
Habibi, M. R., (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Pelajaran Tema 5 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV SDN 1 Sembalun Bumbung Lombok Utara. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(1), 299-304. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1219.
Hartati, Azmin, N., Nasir, M., & Andang. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIPP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(2), 5795-5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2.
Khotimah, K., & Supratiyoko, K. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 7 Semarang. Lambda: Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasiny. 3(1), 13-21. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i1.533.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.
Marlena, D., Sari, D. L., Yanti, R., Agustina R., & Walid A. (2019). Penyusunan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 14 Kota Bengkulu. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(1). 1763-1765. https://www.semanticscholar.org/reader/934e5d4811bf52884ef16b8010ac08d384b2247f
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). Singapore: SAGE Publications, Inc.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659-663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Nasir, M., Fahrudin, Haljannah, M., & Nehru. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 5 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 289-296. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1370.
Noviati, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1097.
Ongowo, R.O., & Idoshi, F.C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Cer ertificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101.
Pratiwi, S. N., Cari, C., Aminah, N. S., (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-41. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.
Putri, D. A., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pensa e-jurnal: Pendidikan Sains, 8(3), 248-253. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38397.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1752.
Utami, N. M. S., & Astawan, I. G. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 416-472. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.27030.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Wunda, A. L., Suluh, M., & Kii, W. Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPK. St. Paulus Karuni Kelas VIII B pada Materi Hukum Newton. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 5(2), 68-73. https://doi.org/10.53395/jes.v5i2.427.
Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2098-2107. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451.