Pengembangan E-Modul Kinematika Gerak Kelas X Model Pembelajaran PjBL Berbasis Berpikir Kritis
Abstract
Banyak hal dilakukan untuk membuat proses belajar fisika menjadi lebih menarik, tidak menakutkan, dan mudah untuk dipahami. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan e-modul pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Fisika materi kinematika gerak kelas x dengan model pembelajaran project based learning berbasis berpikir kritis untuk tingkat SMA/MA. Metode penelitian yaitu Research and Development dengan tahapan 4D (Define, Design, Development, Dissemination), hanya saja dalam penelitian ini dilakukan baru sampai pada tahap development atau pengembangan. Instrumen penilaian yang digunakan antara lain lembar validasi dari ahli materi, media, bahasa, dan praktisi pendidikan. Adapun hasil penilaian tersebut antara lain untuk aspek materi 83,59%, aspek media 84%, aspek bahasa 87,27%, serta aspek dari praktisi pendidikan 96,44%. Berdasarkan nilai tersebut dapat dihitung nilai rata-rata yaitu 87,825 % . Nilai ini termasuk ke dalam kategori sangat valid dan e-modul tersebut sangat layak untuk digunakan.
References
Diana, L. E., Hardianti, T., Rizaldi, R., Fitriana, S., Mardiana, N., & Syahwin, S. (2022). Development Of E-Modules Based PjBL Using The Flipbook Application For Class XI Students Of SMA Materials Static Fluid. Progres Pendidikan, 3(1), 51–56. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i1.232
Facione, P. A. (2020). Advancing Thingking Worldwide (Critical Thingking : What It Is and Why It Counts). In Insight assessment: Vol. XXVIII (Issue 1).
Fadhilah, J., Nasbey, H., & Sanjaya, L. A. (2023). E-Modul Fisika Berbasis Project Based Learning Pada Materi Fluida. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), XI, 167–174. https://doi.org/10.21009/03.1102.pf23
Hasanah, I., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 38–44. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p38-44
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 49–54.
Hikmah, N., Budiasih, E., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Strategi Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2248–2253.
Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, 1–8.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning ( PJBL ). Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10.
Luthvitasari, N., Made D. P., N., & Linuwih, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 92–97.
Monika, Y., Mayub, A., & Purwanto, A. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.25-30
Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembanagan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296–301.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254
Susilawati, S., Pramusinta, P., & Saptaningrum, E. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-Modul Gerak Lurus Dengan Software Flipbook Maker. Unnes Physics Educational Journal, 9(1), 36–43. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38279
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 223–231. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11417/8102
Wardah, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 225. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3281