ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DITINJAU DARI MANAGEMEN DIRI

  • Tetania Salsabila Qotrunnada Universitas PGRI Jombang
  • Silvya Nurhidayatur Rofi’ah Universitas PGRI Jombang
  • Amiliya Hanim Nur Faidah Universitas PGRI Jombang
  • Amelia Zaiddatul Iffah Universitas PGRI Jombang
  • Edy Setiyo Utomo Universitas PGRI Jombang
Keywords: guru matematika, managemen diri, pedagogical content knowledge

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pedagogical content knowledge (PCK) guru matematika pada materi determinan matriks yang ditinjau dari segi managemen diri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek terdiri atas guru matematika yang mengajar di MA Negeri 1 Jombang dengan masa kerja lebih dari 10 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi teknik yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan konten subjek tentang materi determinan matriks sangat baik, dikarenakan subjek mampu memberikan tanggapan atau solusi kepada siswa yang merasa kesulitan secara langsung saat proses pembelajaran.

References

Makaraka A, Ilyas M, Ma’rufi M. Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Perempuan Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Prestasi Akademik. Prox J Penelit Mat dan Pendidik Mat. 2021;4(2):56–63. doi:10.30605/proximal.v4i2.1336

Maryono M. Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Guru Matematika Dan Praktik Pembelajarannya. JP2M (Jurnal Pendidik dan Pembelajaran Mat. 2020;1(2):58. doi:10.29100/jp2m.v1i2.200

Sholekhah P. PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( PCK ) CALON GURU MATEMATIKA TESIS Diajukan Kepada Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan Oleh PUTRI SOLEKHAH. Published online 2020.

Matematika PP. Jurnal Pendidikan, Vol. , No. , Bulan Tahun ISSN: 2337-7607 e-ISSN: 2337-
7593.

Kristiawan M. Analisis Pengembangan Kurikulum. 2019;1:1–2.

Saparini S, Misbah M, Rizaldi WR. Understanding the prospective physics teachers conception of the characteristic of sound. J Phys Conf Ser. 2021;1760(1). doi:10.1088/1742-
6596/1760/1/012030

Sopiany HN, Rahayu W. Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada
Materi Segiempat. J Pendidik Mat. 2019;13(2):185–200.
doi:10.22342/jpm.13.2.6773.185-200

Wulandari MR, Iriani A. Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola J Manaj Pendidik. 2018;5(2):177–189. doi:10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189

Subanji. Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Dan Praktiknya Dalam.
J Ilmu Pendidikan,. 2012;jilid 21:71–79.

Yuniartikasari P, Mampouw HL. Tinjauan Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Materi
Peluang. J Cendekia J Pendidik Mat. 2019;3(1):104–115. doi:10.31004/cendekia.v3i1.85
Published
2023-12-06
How to Cite
Salsabila Qotrunnada, T., Nurhidayatur Rofi’ah, S., Nur Faidah, A. H., Zaiddatul Iffah, A., & Setiyo Utomo, E. (2023). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DITINJAU DARI MANAGEMEN DIRI. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 2(1), Hal 11 - 18. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/2531
Abstract viewed = 33 times
Pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 30 times