ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN
Abstract
PISA (Programme for International Student Assessment) dalam tabel Snapshot of performance in science, reading, and mathematics tahun 2018 terlihat bahwa nilai rata-rata kemampuan matematika peserta didik di Indonesia dibawah standar internasional sebesar 379. Sedangkan presentase pada science, reading, and mathematics level 5 atau 6 sebesar 0,6 dan level 2 sebesar 51,7. Hasil dari PISA tersebut dapat dijadikan tolak ukur bagi pemerintah untuk membuat strategi dalam meningkatkan pencampaian kompetensi matematika peserta didik Indonesia. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pencapaian kompetensi matematika peserta didik Indonesia di dunia pendidikan Internasional adalah dengan cara melatih peserta didik menggunakan soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS menggunakan prosedur Newman. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VII.C SMP Negeri 13 Makassar yang diambil 3 subjek dari 23 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis dan metode wawancara. Hasil penelitian diperoleh 5 jenis kesalan yakni: (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami soal, (3) kesalahan transformasi. (4) kesalahan keterampilan proses, meliputi kesalahan yang dilakukan sebelumnya, tidak mampu menuliskan metode penyelesaian dan kesalahan dalam, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Penyebab kesalahan dari dalam diri siswa adalah tidak teliti dalam membaca, tidak mampu menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal, tidak terbiasa menuliskan rumus matematika, tidak paham dengan materi bilangan bulat, kurang berlatiha soal-soal cerita bilangan bulat, tidak menyukai pelajaran matematika, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, tidak mampu menuliskan metode penyelesaian dengan tepat.