TINGKAT KESULITAN SOAL TES BERPIKIR SISTEM PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Soal tes yang sering digunakan saat ini umumnya masih terfokus pada pengukuran ranah kognitif level rendah. Semetara itu, jika memperhatikan survei PISA soal tes diarahkan untuk menggali berpikir tingkat tinggi yang di dalamnya mengandung pengembangan kompetensi berpikir sistem siswa. Implikasi dari hal tersebut maka pengujian soal berpikir sistem di sekolah dasar sangat diperlukan kepada siswa sebagai bekal untuk memiliki kompetensi global. Selaras dengan itu, implementasi pembelajaran Education for Sustainable Development (ESD) dapat menjadi solusi terbaik bagi guru dalam memanamkan kompetensi berpikir sistem pada siswa di sekolah dasar melalui pengintegrasian kompetensi pada Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan soal tes berpikir sistem pada implementasi pembelajaran ESD di sekolah dasar. Soal tes diberikan setelah dilakukan pembelajaran ESD kepada 11 orang kelas 5 di salah satu SD di Kota tasikmalaya kemudian data hasil tes tersebut diolah dengan pemodelan Rasch dengan program winstep 5.14. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kesulitan soal yang telah dikembangkan terbagi pada 4 level antara lain: Sangat Sulit (21,43%), Sulit (35,71%), Mudah (14,29), Sangat Mudah (28,57%).