MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING SKILLS USING THE SCAMPER TECHNIQUE WITH RESOURCE-BASED LEARNING MODEL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan teknik SCAMPER dengan Model Resource Based Learning dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran konvensional, serta ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah. siswa pada pembelajaran teknik SCAMPER dengan Model Resource Based Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai teknik SCAMPER dengan Model Resource Based Learning dalam kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu berupa data numerik dan dianalisis secara statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah Non-Equivalent Control Group Design, desain subjek penelitian ini tidak dipilih secara acak tetapi dipilih berdasarkan kemampuan awal yang sama antar subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Setelah data terkumpul, selanjutnya diolah dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dengan teknik SCAMPER dengan Model Resource Based Learning termasuk dalam kategori sangat baik dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori baik. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran dengan teknik SCAMPER dan Model Resource Based Learning dengan pembelajaran konvensional.