GLOBALISASI PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI DI INDONESIA
Abstract
Pendidikan berbasis teknologi dampak global dari pandemi Corona virus-19 mendorong adanya proses digitalisasi pendidikan di dunia termasuk di Indonesia. Buruknya sistem infrastruktur khususnya dibidang komunikasi di Indonesia yang tidak menjangkau seluruh wilayah turut memberikan kontribusi terhadap buruknya sistem pembelajaran siswa pada saat pandemi, walaupun pemerintah memberikan program subsidi dengan memberikan pulsa bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen belum dapat membantu proses pembelajaran tersebut. Selama ini sistem pendidikan Indonesia masih banyak yang mengunakan sistem manual atau offline, jarang sekali pendidikan tersebut mengunakan media pembelajaran online, dengan adanya corana virus merubah seluruh sektor di Indonesia termasuk dunia pendidikan yang berubah secara struktural. Sistem pembelajaran berbasis teknologi menjadi trend dan berkembang dengan cepat akan tetapi perkembangan ini juga tidak dapat dirasakan kalangan sosial ekonomi bawah dimana mereka tidak mampu mengakses pendidikan lebih baik. Berbeda halnya dengan sosial ekonomi atas yang mampu menyediakan sarana dan prasana untuk menunjang pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh pemerintah. Kolaborasi antar siswa, guru, kepala sekolah, pemerintah dan swasta sangat dibutuhkan dalam hal ini. Pemerintah membuat regulasi yang sederhana dan mudah supaya pihak swasta dan lembaga internasional dapat dilibatkan dalam proses ini.