PENGARUH MODALITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI

  • Noor Fazariah Handayani Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Abstract

Modalitas belajar merupakan potensi dasar atau kecenderungan yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar Negeri. Metode penelitian ini adalah Penelitian Ex Post Facto. Sampel ditarik menggunakan Purposive Sampling yang pengambilan sampel untuk tujuan tertentu, yaitu kelas V SDN simpang Empat 1 Kecamatan Kandangan. Teknik analisis data melalui persamaan regresi yaitu dengan Y = 40,223 + 0,867 X artinya jika tidak ada modalitas belajar maka hasil belajar matematika siswa sebesar 40,223. Tetapi jika modalitas belajar ditingkatkan maka hasil belajar matematika siswa akan meningkat sebesar 0,867 setiap peningkatannya. Ada pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Negeri Simpang Empat 1 dikatakan baik ditunjukkan dengan thitung > ttabel pada taraf signifikasi 5% yaitu thitungĀ  = 4,168 > ttabel = 2,120. Dengan demikian pada hipotesis (Ha) diterima. Perhitungan koefisien diterminan (R2) sebesar 0,498. Dari hasil perhitungan tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa ditentukan atau dipengaruhi oleh penggunaan modalitas belajar sebesar 49,8% dan 50,2% lagi ditentukan oleh faktor lain seperti penggunaan media pembelajaran.

Published
2021-12-30
How to Cite
Noor Fazariah Handayani. (2021). PENGARUH MODALITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI . Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 1(1). Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/1527
Abstract viewed = 315 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 751 times