PENGEMBANGAN UNIT INKUIRI MODA DARING SEBAGAI MODUL DIKLAT DAN PANDUAN PENYUSUNAN PEMBELAJARAN BAGI GURU IPA SMP

  • Asep Agus Sulaeman Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)

Abstract

Pada masa pandemik ini guru IPA perlu mengembangkan kemampuan dan pemahamannya terhadap konsep inkuiri, proses inkuiri, serta meningkatkan keterampilan dalam mengimplementasikannya melalui moda dalam jaringan (Daring). Saat ini diperlukan contoh praktis pembelajaran sebagai panduan implementasi pembelajaran inkuiri di masa pandemik. Oleh karena itu pada kajian ini dikembangkan modul contoh implementasi (unit) pembelajaran inkuiri menggunakan moda daring untuk guru IPA SMP pada topik fotosintesis. Pengembangan unit menggunakan metode research and development, melalui tahapan identifikasi konten, penyusunan unit, validasi unit, dan implementasinya oleh guru. Tujuan kajian ini adalah 1) mendeskripsikan konten unit pembelajaran, 2) hasil validasinya, 3) kebermanfaatan bagi fasilitator diklat, serta 4) bagi guru IPA peserta diklat yang dideskripsikan dalam bentuk a) kemampuan guru merencanakan pembelajaran berbasis inkuiri; dan b) responnya. Validasi unit dilakukan oleh pakar dosen dan widyaiswara pendidikan IPA. Konten unit dan validasinya dikaji secara kualitatif. Adapun respons dari dua fasilitator dan 30 guru IPA peserta diklat online, serta kemampuan guru dalam menyusun perangakat pembelajaran inkuri dikaji secara kuantitatif. Hasil validasi unit menunjukkan bahwa konten yang disajikan dalam unit sudah memenuhi kriteria yang baik dan memadai untuk digunakan oleh guru IPA. Adapun fasilitator dan peserta diklat memberikan respons sangat baik terhadap konten pada unit pembelajaran. Guru-guru IPA juga sudah dapat menyusun rencana pembelajaran inkuiri dengan baik. Artinya, unit pembelajaran yang disusun sudah digunakan dengan baik guru-guru IPA.

Published
2021-12-30
How to Cite
Asep Agus Sulaeman. (2021). PENGEMBANGAN UNIT INKUIRI MODA DARING SEBAGAI MODUL DIKLAT DAN PANDUAN PENYUSUNAN PEMBELAJARAN BAGI GURU IPA SMP. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 1(1). Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/1521
Abstract viewed = 98 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 102 times