https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/issue/feedMath Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika2024-09-02T14:33:23+00:00Math Didactic[email protected]Open Journal Systems<p>Mathematics Education Journal managed by Mathematics Education Study Program in Universitas PGRI Kalimantan college publish research result in mathematics education, literature review, and idea.<br><strong>Accredited</strong> with <strong>Sinta 3</strong> based on <em>SK Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti nomor 3/E/KPT/2019</em>.<br>This journal published articles three times a year, January-April edition, May-August, and September-December.</p>https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2327Media pembelajaran berbasis iSpring yang mengakomodasi gaya belajar siswa untuk menunjang pembelajaran berdiferensiasi 2024-09-02T14:33:23+00:00Mardiana Mardiana[email protected]R Ati Sukmawati[email protected]Juhairiah Juhairiah[email protected]<p><em>Kurikulum merdeka demands teachers to apply differentiated instruction in the classroom. Differentiated instruction can be applied in four ways, one of them is differentiate content. Differentiate content is done by adjusting how the material will be taught or learned by students based on their learning style. To do this, teachers can present interactive instructional media that accommodate the learning styles of students. Then to present these media, an adequate technology such as iSpring is required. This reseach aims to develop instructional media that accommodates students' learning styles to support differentiated instruction.in trigonometric ratios material using iSpring. The reseach employed R&D method and ADDIE development model. The research was conducted in X RPL 2 SMKN 4 Banjarmasin, which consisted of 36 students with dominant visual and auditory learning styles. The research findings showed that the instructional media developed were valid and very practical</em><em> for visual students and auditory students.</em></p>2024-02-05T01:26:29+00:00Copyright (c) 2024 Mardiana, R Ati Sukmawati, Juhairiah Juhairiahhttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2455Studi etnomatematika: Konsep graf pada permainan dam-daman di kabupaten Pasuruan2024-09-02T14:33:03+00:00Anisah Salsabila[email protected]Marhayati Marhayati[email protected]<p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi karena untuk mendeskripsikan gambaran tentang objek yang terdapat pada budaya masyarakat. Objek dalam penelitian ini adalah permainan <em>dam-daman</em> yang meliputi papan permainan dan aturan bermain. Penelitian dilakukan di Desa Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Peneliti sebagai instrumen utama dalam menghimpun informasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data hasil observasi, pengukuran, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kecermatan pengamat kemudian diverifikasi melalui teman sejawat. Adapun analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk papan <em>dam-daman</em> memiliki keterkaitan dengan berbagai konsep matematika, salah satunya adalah graf. Pada <em>dam-daman</em>, ditemukan adanya titik, (<em>vertex</em>), sisi (<em>edge</em>), orde, ukuran, sub graf, jalan (<em>walk</em>), jejak (<em>trail</em>), lintasan (<em>path</em>), dan siklus (<em>cycle</em>). Derajat pada graf <em>dam-daman</em> di antaranya 2, 3, 4, 5, dan 8. Adapun jenis graf merupakan graf terhubung, sederhana, non Euler, semi Hamilton, berkromatik-3, dan berkromatik sisi-8.</p>2024-02-05T10:38:00+00:00Copyright (c) 2024 Anisah Salsabila, Marhayati Marhayatihttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2556Pengaruh model pembelajaran problem-solving terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel2024-09-02T14:32:45+00:00Windi Listiana[email protected]Laili Habibah Pasaribu[email protected]Eva Julyanti[email protected]<p>Pemahaman konsep adalah hal yang fundamental dalam pembelajaran matematika. Data yang dikumpulkan di SMP N 1 Bilah Hilir memperlihatkan bahwa kebanyakan. siswa tidak memahami konsep pada soal cerita matematika. Diperlukan pembelajaran yang berpengaruh untuk mendukung pemahaman konsep siswa, yaitu melalui model pembelajaran <em>problem-solving</em>. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>problem-solving</em> terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabelPenelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain <em>The One Group Pretest-Posttest Design</em>. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-4 di SMP N 1 Bilah Hilir yang berjumlah 29 siswa. Bentuk tes uraian diterapkan pada penelitian ini sebagai instrumen penelitian untuk menguji kemampuan siswa mengenai pemahaman konsep . Teknik analisis data dibantu menggunakan SPSS versi 29 dengan teknik Uji-T yaitu <em>Paired Sample T-Test</em>. Hasil dari proses analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran problem-solving terhadap pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel.</p>2024-02-05T10:47:39+00:00Copyright (c) 2024 Windi Listiana, Laili Habibah Pasaribu, Eva Julyantihttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2553Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pengelolaan kelas dengan media pembelajaran matematika berbantuan autograph2024-09-01T14:34:07+00:00Nurapriani Nurapriani[email protected]Lily Rohanita Hasibuan[email protected]Sakinah Ubudiyah Siregar[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dikelas sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap 25 siswa di kelas VIII MTs Syahru Thoyibbah Annafisah. Data yang diperoleh melalui proses observasi dan pemberian tes pemecahan masalah. Selanjutnya, data tersebut dianalisis melalui tiga tahap, yaitu: 1) reduksi data, 2) pemaparan data dan 3) menarik kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Selanjutnya, hasil penelitian ini memperlihatkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik pada indikator pemahaman masalah, perencanaan masalah, melaksanakan rencana dan menyimpulkan.</p>2024-02-09T14:35:46+00:00Copyright (c) 2024 Nurapriani Nurapriani, Lily Rohanita Hasibuan, Sakinah Ubudiyah Siregarhttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2653Etnomatematika pada bangunan Tabut Bansal Bengkulu2024-09-01T14:33:47+00:00Annisa Wulandari[email protected]Risnanosanti Risnanosanti[email protected]Winda Ramadianti[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika yang terdapat pada bangunan Tabut Bansal Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di tempat pembuatan Tabut Bansal yang berlokasi di Kelurahan Tengah Padang, Kota Bengkulu. Subjek dari penelitian ini adalah seorang pembuat Tabut Bansal kelompok Tengah Padang, Kota Bengkulu yang merupakan anggota Kerukunan Keluarga Tabut Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan langsung terhadap struktur bangunan Tabut Bansal. Identifikasi konsep matematika pada bangunan Tabut Bansal dilakukan melalui observasi yang selanjutnya diperdalam melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi untuk memastikan keberlakuan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bangunan Tabut Bansal merupakan sebuah kotak dengan hiasan indah dari kain motif batik dan kaligrafi. Bangunan Tabut Bansal menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika yaitu persegi, pengukuran, persegi panjang, kekongruenan, kesebangunan, dan refleksi. Temuan konsep matematika tersebut dapat dikembangkan menjadi bahan ajar seperti modul, LKPD berbasis Tabut, dan lain-lain.</p>2024-02-10T20:14:28+00:00Copyright (c) 2024 Annisa Wulandari, Risnanosanti Risnanosanti, Winda Ramadiantihttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2662Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa pada materi bilangan2024-09-01T14:33:27+00:00Yuli Lestari[email protected]Eva Julyanti[email protected]Nurlina Ariani Harahap[email protected]<p>Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah memiliki dampak pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pangkatan sehubungan dengan bentuk angka. Di SMPN 1 Pangkatan, yang berlokasi di Jl. Kampung Padang Desa Pendidikan, penelitian ini dilakukan. Studi ini menggunakan teknik sampel acak dasar untuk mengumpulkan data, dan ditemukan bahwa kelas VII-2 diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sementara kelas VII-3, yang terdiri dari 26 siswa, diajarkan dengan menggunakan model belajar langsung. Pemeriksaan berbasis esai dari kemampuan berpikir kritis siswa ini menggunakan desain kelompok kontrol <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Selain itu, normalitas, homogenitas, hipotesis dan analisis data deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Nilai rata-rata kelas eksperimen setelah tes adalah 86,27, sedangkan nilai tengah kelas kontrol adalah 76,15. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kedua kelas berbeda dengan 10,12. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dari pada siswa di kelas kontrol.</p>2024-03-21T04:32:40+00:00Copyright (c) 2024 Yuli Lestari, Eva Julyanti, Nurlina Ariani Harahaphttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2675Pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review pada kelas VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X2024-09-01T14:33:08+00:00Ariska Septieny Fauzy[email protected]Sakinah Ubudiyah Siregar[email protected]Eva Julyanti[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe <em>Hollywood Squares Review</em> di kelas VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X. Desain eksperimental dengan pendekatan <em>pretest-posttest</em> digunakan pada penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimental dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, yang diambil secara <em>random</em> setelah dilaksanakan uji homogenitas dan normalitas. Dalam proses pembelajaran, kelas kontrol maupun kelas eksperimen mengaplikasikan pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013, strategi pembelajaran <em>Hollywood Squares Review</em> diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 ditemukan dalam hasil tes analisis data, yang menunjukkan bahwa menggunakan teknik pembelajaran <em>Hollywood Squares Review</em> dapat meningkatkan prestasi belajar.</p>2024-03-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ariska Septieny Fauzy, Sakinah Ubudiyah Siregar, Eva Julyantihttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2636Analisis kebutuhan pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran matematika2024-09-01T14:32:50+00:00Didi Heriyanto[email protected]Rusdi Rusdi[email protected]Yantoro Yantoro[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai pengembangan LKPD berbasis elektronik, dan didasari atas banyaknya manfaat yang dimiliki bahan ajar digital dalam bentuk E-LKPD dibandingkan dengan LKPD. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK Yadika Jambi kelas 1 tahun ajaran 2023/ 2024 yang berjumlah 18 orang dan satu guru matematika di sekolah tersebut. Pengumpulan data penelitian kualitatif ini dilakukan dengan dua cara yaitu pemberian angket respons bagi 18 siswa agar memperoleh tanggapan mengenai kebutuhan lembar kerja dan wawancara bagi satu guru sebagai data deskriptif pendukung untuk membandingkan apakah penilaian yang dilakukan terhadap bahan ajar bersesuaian terhadap angket jawaban siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pengembangan E-LKPD dinilai cukup baik. Penerapan E-LKPD belum diterapkan di sekolah tersebut dan proses pembelajaran masih bersifat konvensional. Selain itu, peserta didik beranggapan bahwa pengembangan E-LKPD menarik dan edukatif. Oleh karena itu, data hasil analisis kebutuhan ini digunakan sebagai studi pendahuluan untuk mengembangkan E-LKPD yang dapat digunakan.</p>2024-04-19T19:47:27+00:00Copyright (c) 2024 Didi Heriyanto, Rusdi Rusdi, Yantoro Yantorohttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2691Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) terintegrasi keislaman pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP2024-09-01T14:32:32+00:00Ike Kristanti[email protected]Viktor Pandra[email protected]Dodik Mulyono[email protected]<p>Tujuan penelitian ini adalah guna menguraikan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Keislaman Pada Materi Teorema Pythagoras untuk Kelas VIII SMP. Penelitian yang dipergunakan adalah <em>R&D </em>dengan mempergunakan model 4D (<em>define, design, development, </em>dan <em>dissemination)</em>. Teknik penghimpunan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Ma’arif Syifa’ul Janan yang berjumlah 6 siswa untuk uji kelompok kecil (<em>small group)</em>. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan menunjukkan asil penelitian memperlihatkan berdasarkan uji validitas, LKPD terintegrasi Keislaman dinyatakan valid dengan persentase validator media 0,93%, validator bahasa 0,80% dan validator materi 0,67%. Hasil keseluruhan uji validitas LKPD terintegrasi Keislaman dinyatakan valid dengan persentase 0,80%. Hasil uji praktikalitas pada guru dan kelompok kecil (<em>small group)</em> diperoleh bahwa LKPD terintegrasi Keislaman diterangkan sangat praktis 84,09%. Hasil Uji keefektifan 79,17%. Dengan demikian disimpulkan LKPD valid, praktis, serta memiliki efek potensial.</p>2024-04-30T13:17:11+00:00Copyright (c) 2024 Ike Kristanti, Viktor Pandra, Dodik Mulyonohttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2637Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E2024-08-31T14:32:32+00:00Hela Azzahra[email protected]Putri Yuanita[email protected]Armis Armis[email protected]<p>Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan wawancara dan tes awal diketahui bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik tergolong rendah sehingga diperlukan rancangan pembelajaran yang mampu memfasilitasi kemampuan tersebut. Pengembangan modul ajar berbasis <em>Problem Based Learning</em> pada konten ukuran penyebaran data untuk peserta didik fase E yang berkriteria valid dan praktis merupakan tujuan penelitian ini. Modul ajar disertai dengan LKPD dan Asesmen yang terdiri dari asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respons peserta didik. Validasi modul ajar dilakukan oleh tiga orang validator dan selanjutnya direvisi sesuai saran dari validator. Dilakukan <em>One to one evaluation</em> setelah lembar kerja peserta didik (LKPD) dinyatakan memenuhi kriteria valid setelah validasi. Setelah itu dilakukan uji coba <em>Small group, </em>dan <em>Field test</em> untuk melihat praktikalitas modul ajar. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh nilai rata – rata untuk setiap modul ajar berkategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba <em>small group</em> dan <em>field test</em> diperoleh modul ajar telah memenuhi syarat kepraktisan.</p>2024-04-30T19:11:14+00:00Copyright (c) 2024 Hela Azzahra, Putri Yuanita, Armis Armishttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2686Analisis kemampuan penalaran siswa SMA pada materi trigonometri: Studi kasus pada siswa kelas olimpiade2024-08-31T14:32:14+00:00Jepbargeldi Bayramov[email protected]Gelar Dwirahayu[email protected]Gusni Satriawati[email protected]<p>Pada penelitian ini bertujuan mengkaji tentang analisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa kelas olimpiade dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian dilaksanakan di sekolah SMA Pribadi Depok pada tahun 2023/2024 dengan subjek siswa kelas olimpiade sebanyak 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan penalaran matematis siswa mencapai 80% tergolong sedang. Jika ditinjau dari kemampuan penalaran matematis pada tiap indikator, indikator menyusun bukti terhadap kebenaran solusi mencapai 72,5%; indikator memeriksa kesahihan suatu argumen mencapai 73,5%; indikator menarik kesimpulan dari pernyataan mencapai 73,5%; dan indikator melakukan manipulasi matematika mencapai 100%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa pada kelas olimpiade di SMA Pribadi Depok kemampuan penalarannya berada pada kategori sedang. Hasil ini dikarenakan terdapat beberapa siswa sering lupa menggunakan rumus trigonometri yang sesuai untuk menyelesaikan soal dan kurangnya latihan soal-soal trigonometri.</p>2024-05-03T21:36:11+00:00Copyright (c) 2024 Jepbargeldi Bayramov, Gelar Dwirahayu, Gusni Satriawatihttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2350Pengembangan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Seluma2024-08-29T14:31:10+00:00Sari Azni Nurcahyati[email protected]Saleh Haji[email protected]Ringki Agustinsa[email protected]<p>Penelitian memiliki tujuan untuk menghasilkan pengembangan LKPD berbasis <em>Project Based Learning</em> untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Statistika kelas VIII SMPN 6 Seluma yang praktis, efektif, maupun valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mempergunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Alat ukur penelitian membuktikan pengembangan LKPD berbasis PjBL masuk kategori: (1) Sangat Valid, memperoleh rerata skor validasi 4,64 masuk kategori sangat valid dan hasil uji reliabilitas antar validator menggunakan skor ICC sebesar 0,998 dengan kategori sangat baik; (2) Sangat Praktis dengan skor rerata kepraktisan oleh siswa dan guru sebesar 4,55; (3) Efektif dari perolehan skor N-Gain 0,7676 masuk kategori tinggi serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,2%. Berlandaskan hasil penelitian yang dilaksanakan, peneliti merekomendasikan untuk menggunakan LKPD berbasis PjBL dalam kegiatan pembelajaran karena LKPD berbasis PjBL efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis maupun hasil belajar siswa.</p>2024-05-08T07:13:32+00:00Copyright (c) 2024 Sari Azni Nurcahyati, Saleh Haji, Ringki Agustinsahttps://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2425Efektivitas model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa2024-08-29T14:30:49+00:00Nur Izzatul Kharisma[email protected]Siti Lailiyah[email protected]<p>Tujuan penelitian yaitu menjelaskan penerapan pembelajaran, aktivitas siswa, dan menilai efektivitas model AIR untuk menunjang peningkatan kemampuan spasial matematika siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain <em>One-Group </em><em>Pretest-Posttest</em>. Subjeknya yaitu kelas VIII-D UPT SMPN 10 Gresik. Lembar observasi dan <em>pretest-posttest </em>merupakan instrumen penelitian. Materi yang diujikan pada tes adalah bangun ruang yang memuat 3 soal uraian berbeda. Data dianalisis menggunakan uji T dan uji Gain dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian memperlihatkan jika keterlaksanaan pembelajaran yang dilangsungkan dalam dua pertemuan terkategori sangat baik di mana nilainya sama yaitu besarnya 3,74 atau 93,5%. Aktivitas siswa terkategori aktif, dengan nilai sebesar 64,27% dan 65,32%. Nilai rata-rata kemampuan spasial matematika siswa mengalami peningkatan yang awalnya memiliki nilai 32,7645 menjadi 61,7087. Uji <em>paired sample t-test</em> menghasilkan nilai signifikansi , sehingga diterima. Hasil uji gain normal besarnya 0,4305 sehingga meningkatnya kemampuan spasial matematika siswa dikategorikan sedang. Maka model pembelajaran AIR dikatakan efektif dalam menunjang peningkatan kemampuan spasial matematika siswa. Dengan demikian, model pembelajaran AIR bisa diimplementasikan dalam menunjang kemampuan spasial matematika siswa.</p>2024-05-16T18:03:28+00:00Copyright (c) 2024 Nur Izzatul Kharisma, Siti Lailiyah