Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII

  • Untari Octavia Norsanty STKIP PGRI Banjarmasin
  • Zahra Chairani STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: LKS, Lingkaran, Guided Discovery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS materi Lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII, danĀ  bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektivan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Banjarmasin yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa, tes hasil belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan LKS materi Lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE; (2) kelayakan LKS materi Lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan dapat dilihat dari: (a) hasil validasi berada pada kategori baik sehingga LKS dinyatakan layak ditinjau dari aspek kevalidan; (b) hasil angket respon siswa berada pada kategori baik sehingga LKS dinyatakan layak ditinjau dari aspek kepraktisan; dan (c) hasil tes hasil belajar siswa berada pada kategori baik sehingga LKS dinyatakan layak ditinjau dari aspek keefektivan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zahra Chairani, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Agus, Nuniek Avianti. 2008. Mudah Belajar Matematika 2 BSE. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Arifin, Yunus. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan Kelas VIII SMP. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta (Tidak diterbitkan)

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Cahyani, Ulfa Arisa Eka. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Materi Prisma dan Limas untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester II. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. (Tidak Diterbitkan)

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya

Depdikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Depdikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Depdiknas. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia

Nieveen, N. 2010. Formative Evaluation in Educational Design Research. Netherlands: Netzodruk, Enschede

Nursyahidah, Farida. 2012. Research and Development vs Development Research. Makalah: Wordpress.com

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Priansa, Doni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta

Sitepu, B P. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual; Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tung, Khoe Yao. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widoyoko, S. Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka.
Published
2016-04-30
How to Cite
Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.23
Section
Research
Abstract viewed = 1387 times
PDF downloaded = 3722 times