Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X OTKP SMK Harapan Bangsa
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian eksprimen semu dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMK Harapan Bangsa. Kelas X OTKP I yaitu kelas eksperimen berjumlah 29 siswa mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X OTKP II sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif dan uji hipotesis menggunakan Uji-T dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000<0,05, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas X OTKP I (kelas eksperimen) yaitu 79,04, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X OTKP II (kelas control) yaitu 68,40. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional