Efektivitas Model Project Based Learning Dengan Media Cisco Pakcet Tracer Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI (TKJ) SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Project Based Learing dengan media Cisco Paket Tracer. Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas XI TKJ A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data menggunakan analisis desriptif dan uji hipotesis menggunakan uji-T dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan media Cisco Packet Tracer lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji Independent Sample T-test diperoleh harga t-hitung 6,943 > t-tabel 1,672. maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kovensional. Kemudian dilihat dari nilai rata-rata pada kelas XI TKJ A (kelas eksperimen) yaitu 82,63 sedangkan nilai rata-rata kelas XI TKJ B (kelas kontrol) yaitu 67,41. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dengan media Cisco Packet Tracer lebih efektif dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.