Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan game edukasi dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan game edukasi menggunakan Construct 2. Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator dan siswa. Hasil dari penelitian ini, tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau berdasarkan validasi para ahli dan hasil uji coba kepada siswa. Rata-rata penilaian kelayakan ahli media adalah 74,33% dengan kategori “Layak”, rata-rata penilaian kelayakan ahli materi adalah 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”, rata-rata penilaian kelayakan uji coba produk adalah 89,33% dengan kategori “Sangat Menarik”, rata-rata penilaian kelayakan uji coba pemakaian adalah 93,94% dengan kategori “Sangat Menarik”.