Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah

  • Riduansyah Riduansyah MTsN 2 Kota Banjarmasin
Keywords: Kepemimpinan, Pembelajaran, Peningkatan Mutu Madrasah

Abstract

Kepala madrasah merupakan kunci sentral dalam memajukan mutu proses dan hasil pembelajaran. Kepemimpinan kepala madrasah merupakan hal yang mutlak dalam penentu arah pendidikan pada setiap madrasah. Kepemimpinan dimaksud meliputi kurikulum, proses belajar mengajar, penilaian, sarana prasarana, kompetensi guru, pelayanan dan kualitas masyarakat madrasah yang menjadi tanggung jawabnya. Harapan dari kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah ini adalah terjadinya peningkatan mutu proses, hasil pembelajaran, potensi, minat, bakat peserta didik melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai, pengamalan agama yang meningkat, kemampuan beradaptasi peserta didik terhadap lingkungannya juga meningkat, memiliki daya inovasi yang tinggi, berjiwa pantang menyerah, belajar sepanjang hidup dan mampu menggunakan dan memodifikasi teknologi sesuai perkembangan peserta didik.

Published
2019-12-30
How to Cite
Riduansyah, R. (2019). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 114 - 120. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.899
Abstract viewed = 290 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 253 times