Perencanaan Pembelajaran Creative Learning Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan

  • Beti Istanti Suwandayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Fatimah Soenaryo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Reny Dwi Susanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Perencanaan Pembelajaran, Creative Learning

Abstract

Kehidupan di era milenial ini menuntut berbagai ketrampilan yang harus dikuasai manusia, sehingga diharapkan pendidikan dapat memberikan persiapan bagi peserta didik untuk menguasai berbagai ketrampilan tersebut. Pencapaian ketrampilan pada abad ke-21 tersebut dapat dilakukan melalui perbaharuan dalam kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi perencanaan, kendala dalam perencanaan pembelajaran, dan solusi dalam perencanaan pembelajaran creative learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen sebagai pedoman pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berupa paparan yang mendalam terkait data penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan pembelajaran dilakukan sebelum pembelajaran dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPS mata kuliah. Permasalahan yang muncul dalam perencanaan pembelajaran ini adalah memadukan perencanaan pembelajaran dengan perkembangan milenial. Sedangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut pada pembelajaran creative learning adalah dengan melakukan inovasi pendampingan pembuatan media dan pembelajaran berbasis teknologi. 

Published
2019-11-01
How to Cite
Suwandayani, B. I., Soenaryo, S. F., & Susanti, R. D. (2019). Perencanaan Pembelajaran Creative Learning Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 32 - 41. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.844
Section
Articles
Abstract viewed = 623 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 754 times