Dampak Kegiatan Pembelajaran dan Penugasan Siswa Saat Pembelajaran Daring

  • Bagus Sudewo Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Muhtar Gojali Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aji Raditya Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Kegiatan Pembelajaran, Penugasan siswa, Penugasan Siswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran dan penugasan yang terjadi saat pembelajaran daring; (2) Memberikan kajian pustaka tentang hal yang perlu dilakukan guru agar kegiatan pembelajaran dan penugasan menjadi efektif saat pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah murid SMP kelas VIII dari 2 sekolah yaitu SMP Negeri 11 Tangsel dan SMP Negeri Balaraja. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan jumlah responden angket yaitu 83 siswa.  Pada teknik pengumpulan data, sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primer diperoleh dari hasil angket dan wawancara guru, sementara sumber data sekunder didapatkan dari kajian pustaka yang mendukung.  Instrumen yang digunakan untuk survei adalah angket (questionnaires). Hasil penelitian ini menunjukan siswa merasakan banyaknya kuantitas penugasan yang banyak, penugasan didominasi oleh penugasan soal. Interaksi siswa dalam kegiatan belajar daring heterogen, ada yang aktif ada yang pasif. siswa jarang mendapatkan umpan balik dan penyimpulan materi. Oleh karena itu guru hendaknya tetap memberikan umpan balik dan penyimpulan materi dalam pembelajaran daring.

Published
2021-06-28
How to Cite
Sudewo, B., Gojali, M., & Raditya, A. (2021). Dampak Kegiatan Pembelajaran dan Penugasan Siswa Saat Pembelajaran Daring. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 36 - 45. https://doi.org/10.33654/jpl.v16i1.1369
Section
Articles
Abstract viewed = 465 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 381 times