Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI B Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banjarmasin
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksnakan dalan dua siklus yang tetdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksnakan dengan seting siswa kelas XI B Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banjarmasin. Indikator kinerja pada masing-masing siklus adalah ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya 75% tuntas dari soal yang diberikan, dan ketuntasan belajar secara klasikal lebih dari atau sama dengan 85% tuntas. Data tentang aktivitas guru yang dikumpulkan melalui lembar observasi dianalisis dengan menggunakan skala ordinal sedangkan data tentang aktivitas siswa dianalisis dengan teknik persentasi demikian juga data tentang hasil belajar dan tanggapan siswa. Berdasarkan data yang dikumpulkan diperoleh gambaran adanya peningkatan hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 45%, menjadi 83% pada siklus II. Dengan demikian seluruh kreteria keberhasilan penelitian ini dapat dicapai dan hipotesis bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI B Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banjarmasin dalam pembelajaran passing bawah bola voli diterima. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menentukan strategi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan akademik, kemampuan sosial dan kemampuan komunikasi siswa XI B Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Banjarmasin pada pembelajaran pembelajaran passing bawah bola voli diterima. Dengan hasil ini maka indikator keberhasilan penelitian dapat dicapai.